Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa UAD Raih Juara III dalam Ajang NCC 2023

Mahasiswa UAD Raih Juara III dalam Ajang NCC 2023

Tim Koperasi Mahasiswa (Kopma) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Istimewa)

Tim Koperasi Mahasiswa (Kopma) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil meraih juara III lomba Business Case National Cooperative Concourse (NCC) 2023 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Mahasiswa tersebut ialah Ahmad Fauzan Wida, M. Rizky Pratama, dan Janan Afifah. Kompetisi diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia dan berlangsung pada Sabtu‒Minggu, 20‒21 Mei 2023.

NCC tahun 2023 mengusung tema “Grow and Develop with Cooperatives: Mewujudkan Mahasiswa yang Bersinergi Demi Ciptakan Wirausaha Muda Mandiri Melalui Digitalisasi”. Ajang tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang perkoperasian mulai dari undang-undang perkoperasian, sejarah perkoperasian, prinsip-prinsip koperasi, serta pengetahuan umum koperasi.

Business Case NCC merupakan kompetisi memecahkan permasalahan bisnis baik dari segi pemasaran, operasi, keuangan, teknologi, sumber daya manusia, maupun arahan strategis perusahaan.

Saat diwawancarai mewakili tim, Ahmad mengaku senang dan bersyukur atas perolehan juara itu. Ia mengatakan, berbagai persiapan telah dilakukan sebelum kompetisi berlangsung, mulai dari kelengkapan paper hasil analisis permasalahan hingga presentasi solusi yang diajukan dalam perlombaan.

Lebih lanjut, Ahmad mengatakan bahwa, “NCC merupakan wadah untuk terus menambah kapasitas diri dan jam terbang di bidang yang sedang ditekuni,” ujarnya. Tidak hanya itu. Ia juga merasakan keseruan selama mengikuti perlombaan dan melakukan bonding dengan peserta lain.

Terakhir, ia mengatakan, “Semoga bisa belajar terus di bidang ini karena masih banyak hal yang perlu digali dan dipelajari,” tutupnya. (umh)

uad.ac.id