Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Usung Budaya Lokal Mahasiswa Arsitek Juarai Kompetisi Nasional

Usung Budaya Lokal Mahasiswa Arsitek Juarai Kompetisi Nasional

Husni, Arsi'20 Juara 1 Render Competition

Mahasiswa Arsitektur Fakultas Teknik berhasil menjadi Juara 1 dalam Render Competition Cultural Connect: Preserving Culture For The Future. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret dan Ikatan Arsitek Indonesia Surakarta pada 18 April hingga 12 Mei 2023.

Didapuk sebagai dewan juri dalam kompetisi ini adalah Yosafat Winarto ST MT (UNS), Ar. Dian Arrifianto Budi Susilo, IAI (IAI Surakarta), dan Ginda Chriesma Yoga, ST (ORCA Incorporation).

Ketiga juri menilai puluhan karya yang masuk dan menetapkan Top 10 finalis kompetisi ini. Dari 10 finalis ini terpilihlah Mochamad Husni Hakiki sebagai 1st Winner dan Rohid Riza Nabhan sebagai The 2nd Winner. Hal tersebut diumumkan di akun instagram @halaman.uns pada tanggal 12 Mei 2023.

Kompetisi ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan dalam visualisasi desain, serta menuangkan unsur kebudayaan dalam suatu desain ruang publik dengan tetap memperhatikan unsur-unsur keindahannya.

Sesuai ketentuan, Husni berfokus di objek rendering Pasar Gede Hardjonagoro, Surakarta. Pasar Gede Hardjonagoro merupakan pasar terbesar yang ada di kota Surakarta yang sarat akan nilai historis.

Pasar Gede dalam bahasa Jawa memiliki arti pasar besar. Disebut demikian karena bangunan ini memiliki atap berukuran besar memadukan gaya arsitektur Belanda dan Jawa sehingga memiliki nilai historis tersendiri yang tak akan lekang seiring perkembangan zaman.

Surakarta yang terkenal akan budaya sopan santun ditunjang dengan penggunaan transportasi tradisional seperti becak dan delman. Penambahan ornamen batik khas Surakarta mendukung terbentuknya image kawasan budaya yang kental akan lokalitasnya.

“Karena pasar ini berada di kawasan Pecinan, desain atap ditambahkan ornamen khas bangunan Tionghoa sebagai simbol dari toleransi akan keberagaman masyarakat dan budaya yang ada di area kawasan,” terang Husni.

Mahasiswa angkatan 2020 ini berharap dengan diraihnya posisi juara ini bisa memotivasi mahasiswa lain agar bisa berkreasi dan berprestasi sambil mengusung kearifan lokal budaya daerahnya. [humasft/Humas UB]

Rohid, Arsi'20 Juara 2 Render Competition