Kamis, 18 April 2024
Perguruan Tinggi

Dharma Wanita Persatuan Unpad Gelar Halabihalal Idulfitri 1444 H

Dharma Wanita Persatuan Unpad Gelar Halabihalal Idulfitri 1444 H

[Kanal Media Unpad] Meski Bulan Ramadan sudah dilalui, masih ada berbagai hal yang dapat diambil hikmahnya dalam kehidupan keluarga dan juga dalam kehidupan bermasyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Ustazah Bunda Imas Karyamah, MPd pada acara Halalbihalal Dharma Wanita Persatuan Unpad, Selasa (23/5/2023) lalu, dengan tema “Hikmah Halalbihalal: Esensi Puasa Ramadhan sebagai Keharmonisan Komunikasi dalam keluarga dan Kehidupan Sosial”.

Dalam pesan tausiahnya, Bunda Imas mengatakan bahwa esensi yang didapatkan dari berbuka puasa itu bukan hanya diisi dengan makan dan minum, tapi diwarnai juga dengan komunikasi dan dialog antara anak dan orang tua, suami dan istri.

“Momen ini tentu kita manfaatkan dengan semakin memperkuat keharmonisan dalam keluarga dengan melatih diri dalam menahan amarah dan nafsu dengan mengenyampingkan ego masing-masing,” ujar Bunda Imas.

Secara sosial, ibadah puasa juga mampu mendorong untuk menumbuhkan akhlak yang mulia, memiliki sikap mental yang teruji yaitu sabar dan ikhlas. Bertambahnya kualitas dan kuantitas ibadah di bulan puasa juga akan meningkatkan komunikasi sosial dengan sesama manusia baik keluarga, saudara, dan kehidupan sosial.

Bunda Imas juga mengatakan bahwa makna dari kehidupan bukan terletak pada seberapa bernilainya diri kita, tetapi seberapa besar bermanfaatnya kita bagi orang lain,

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain. Jika keberadaan kita dapat menjadi saluran berkah bagi banyak orang, barulah kita benar- benar bernilai. Janganlah kita berharap menjadi yang terbaik, karena disana ada unsur ingin dipuji, tapi lakukanlah yang terbaik, karena seseorang melakukan kebaikan belum tentu baik bagi yang lain, maka lakukan terus yang terbaik hanya karena Allah,” tutur Bunda Imas.

Kegiatan yang digagas oleh Dharma Wanita dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Pembelajaran, Kemahasiswaan, dan Riset FEB Unpad Prof. Maman Setiawan, SE., MT., PhD dan dihadiri oleh Ketua DWP Dr. Reiva Arief S. Kartasasmita, Wakil Ketua Bidang Sosbud Anita Yanyan, Wakil Ketua Bidang Ekonomi Ani Hendarmawan, Ketua Panitia DW FEB Ofi Maman, dan para Pengurus dan anggota DWP Unpad.

Dalam sambutanya Prof. Maman mengatakan bahwa FEB Unpad mendorong kegiatan akademik dan non akademik diantaranya dengan mendukung kegiatan Dharma Wanita melalui kegiatan-kegiatan positifnya.

“Semoga silaturahmi ini dapat memberikan keberkahan bagi kita semua sesuai dengan spirit Idul Fitri yaitu saling memaafkan,” harapnya.

Sementara itu Ketua DWP Unpad Dr. Reiva Arief berharap silaturahmi semakin menambah keakraban diantara para anggota DWP.

“Walaupun Ramadan sudah lewat namun mari kita ambil hikmah positifnya dalam kehidupan kita sehari-hari,” ujar Reiva. (rilis/wati)*