Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

ROAN TRADISI KHAS PESANTREN

ROAN TRADISI KHAS PESANTREN

ROAN, TRADISI KHAS PESANTREN

Istilah “Roan” berawal dari kata tabarrukan yang kemudian disingkat menjadi  rukan, kemudian menjadi istilah  roan. Roan adalah kegiatan santri untuk kerja bakti membersihkan lingkungan pesantren. Roan merupakan kegiatan khas yang melekat pada jati diri pesantren atau Boarding School termasuk di Islamic Boarding School MTsN 31 Jakarta. Setiap santri diberi tugas untuk roan, minimal adalah membersihkan kamar masing-masing santri. Di samping bagian dari implementasi pola hidup bersih dan sehat, kebersihan adalah merupakan ajaran Islam sesuai hadis Nabi: at-thahuuru syathrul iimaan (Kebersihan adalah bagian dari iman), yang tentunya sangat bermanfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Di IBS MTsN 31, selain dilaksanakan setiap hari di kamar masing-masing oleh piket yang terjadwal, roan juga dilaksanakan secara massiv seminggu sekali tepatnya pada hari Ahad.
Biasanya pada hari Ahad pagi, setelah pembinaan oleh wali asrama dan tanawulil futhur, santri menyebar, bahu membahu, membersihkan masjid, taman-taman, halaman, kelas, teras, kamar mandi, dan seluruh lokasi di lingkungan pesantren atau boarding school di dampingi para murabbi, pembina asrama bahkan kepala madrasah juga turut serta dalam mengawal kegiatan ini.
Tradisi baik ini juga merupakan bagian dari upaya penguatan pendidikan karakter santri sesuai dengan motto: Beriman, berilmu, beramal, berkarya dan berkarakter.

Jakarta, 7 November 2021

H. Zainul Ma’arif, MA.