Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

UII Adakan Pertandingan Olahraga Mahasiswa Lintas Negara

Direktorat Kemitraan/Kantor Urusan Internasional Universitas Islam Indonesia (DK/KUI UII) menggandeng Universiti Teknologi Petronas (UTP), Malaysia dalam program pertukaran internasional atau International Exchange Programme. Program ini merupakan salah satu bentuk implementasi MoU UII bersama UTP Malaysia, yang diselenggarakan dalam pertandingan olahraga. Pertandingan olahraga dilaksanakan pada Sabtu (20/5), di Gedung Olahraga (GOR) Ki Bagoes Hadikoesoemo, Kampus Terpadu UII, Yogyakarta.

Sebelumnya, UTP sudah beberapa kali berkolaborasi dengan UII melalui pola kegiatan yang berbeda-beda dan cenderung mengarah ke kegiatan-kegiatan bidang akademik. Pertandingan olahraga kali ini merupakan sebuah terobosan untuk dapat bertukar budaya bersama mahasiswa-mahasiswa asing melalui implementasi kerja sama dengan pihak mitra.

Turut dimeriahkan oleh Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, pertandingan olahraga ini melibatkan 1 tim futsal pria dari masing-masing universitas. Total tim yang bertanding adalah 3 tim futsal pria, serta 1 tim volleyball putra dan putri dari masing-masing perguruan tinggi sehingga total tim berjumlah 6 tim.

Sebagaimana dijelaskan dalam wawancara bersama Ade Meirizal, perwakilan dari Staff International Mobility DK/KUI UII, bahwa sejak awal pertukaran pelajar dalam bentuk program kolaborasi internasional ini bertujuan mencapai cross-cultural learning. Yakni saling mengetahui bagaimana budaya dan cara interaksi antar mahasiswa yang berbeda negara. Salah satunya dengan melihat bagaimana mahasiswa bekerja sama dalam mengikuti pertandingan di bidang olahraga ini. 

Dengan tujuan tersebut, diharapkan program ini dapat menjadi ajang bagi mahasiswa untuk mengetahui kapasitas mereka masing-masing, dari berbagai tempat, berbagai universitas, untuk bekerja sama, dan saling meningkatkan sportivitas masing-masing.

“Saya rasa memang penting sekali untuk menghadirkan program fresh seperti ini agar dapat mengetahui bagaimana sportivitas antar bangsa. Ke depannya, sangat mungkin sekali bagi UII berpotensi untuk mengadakan program kolaborasi internasional serupa dengan pihak mitra lainnya juga,” imbuhnya.

Sementara itu, perwakilan mahasiswa UTP yang turut bertanding dalam permainan futsal putra, Muhammad Suhail Bin Daud (21) menyatakan antusiasme yang begitu besar untuk turut ikut serta mewakili institusinya dan hadir langsung ke Indonesia. Ia mengaku takjub dengan fasilitas olahraga yang dimiliki UII sehingga merasa dengan adanya fasilitas-fasilitas yang efektif tersebut, dapat melahirkan mahasiswa-mahasiswa yang berkualitas.

Indonesia dikenal memiliki pemain futsal dan sepak bola yang hebat-hebat. Memberikan satu pengalaman yang baik bagi kami dengan melawan tim-tim yang hebat di Indonesia. Saya sudah lama ingin ke Indonesia dan banyak tahu Indonesia dari berbagai media, sehingga saya merasa ingin sekali untuk bisa bertukar budaya dengan mereka semua (mahasiswa indonesia),” katanya antusias.

Hasil rangkuman keseluruhan pertandingan yang diselenggarakan dalam hari yang sama tersebut adalah pertandingan futsal putra, juara 1 diraih oleh UAD, juara 2 oleh UII, dan juara 3 oleh UTP. Sedangkan pertandingan voli putra, menempatkan UII sebagai juara pertama, UAD sebagai juara kedua, dan UTP sebagai juara ketiga. Terakhir pertandingan voli putri, juara 1 diraih oleh UII, juara 2 oleh UAD, dan juara 3 oleh UTP. (AD/ESP)