Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

UB Jalin Kerja Sama dengan Waseda University Jepang

UB Jalin Kerja Sama dengan Waseda University Jepang
MoU UB dan Waseda University Jepang

Universitas Brawijaya (UB) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Waseda University Jepang, Selasa (23/05/2023). Penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan di Waseda University Jepang ini meliputi bidang pendidikan, penelitian, pertukaran dosen, mahasiswa dan budaya global.

Tim UB dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Internasionalisasi UB Andi Kurniawan, S.Pi., M.Eng., D.Sc, didampingi Sekretaris Universitas Dr. Tri Wahyu Nugroho, S.P., M.Si, Direktur International Office Didik Hartono, S.S., M.Pd, dan Peneliti Bidang Teknologi Informasi UB Tibyani Hambali, Ph.D.

Andi Kurniawan berharap melalui kerja sama ini dapat mendorong pertukaran publikasi dan informasi ilmiah, serta  mempromosikan kegiatan akademik lainnya.

“Kami harap kerja sama selanjutnya dapat lebih ditingkatkan, seperti kuliah tamu tentang robotika untuk menyelesaikan masalah robot humanoid dengan narasumber dari Waseda University Jepang. Selain itu juga mengembangkan navigasi robot, aplikasi dan implementasi robot yang dituangkan dalam jurnal ilmiah Q1 atau Q2 terindeks scopus,” ungkapnya.

Perlu diketahui bahwa kerjasama UB dengan Waseda University jepang telah dimulai sejak Tahun 2018. Saat itu UB mengundang Prof. Shuji Hashimoto, Pakar Robot Humanoid sebagai narasumber di acara International Conference dengan tema Teknologi Informasi. Kemudian pada Tahun 2019, diadakan Program Visiting Professor 3 in 1 UB dengan mengundang Pembicara Prof. Hideyuki Sawada.

Kunjungan ke Waseda University saat ini merupakan rangkaian dari kunjungan UB ke enam perguruan tinggi di Jepang dalam upaya meningkatkan kerjasama bidang akademik, riset dan kemahasiswaan. Yaitu dengan Chukyo University Nagoya, Waseda University Tokyo, Osaka University, Hiroshima University, Kyushu Institute of Technology, dan Kitakyushu University. [Tib/Irene]