Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Raih Anugerah Merdeka Belajar 2023, Bukti Komitmen UNJ Sukseskan Program Kampus Merdeka

Raih Anugerah Merdeka Belajar 2023, Bukti Komitmen UNJ Sukseskan Program Kampus Merdeka

Humas UNJ, Jakarta-Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berhasil meraih Anugerah Merdeka Belajar 2023 kategori Program Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada acara "Puncak Peringatan Bulan Merdeka Belajar" yang diselenggarakan di Gedung Trimurti, Prambanan, Yogyakarta, pada 28 - 29 Mei 2023.

Dalam kategori tersebut, UNJ masuk dalam subkategori Praktisi yang Full Time Mengajar di Kampus, dengan dasar usulan bahwa UNJ memiliki jumlah jam terbanyak untuk Perguruan Tinggi (PT) yang sudah lengkap dokumennya.

Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan Kebudayaan, Pendidikan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) yang hadir langsung memberi sambutan dalam acara tersebut mengatakan bahwa program Merdeka Belajar menjadi jalan yang dapat membawa masyarakat lebih dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara. Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat. Untuk itu pada Puncak Peringatan Bulan Merdeka Belajar ini, pihak kementerian memberikan apresiasi berupa penghargaan bagi semua pihak dalam mensukseskan program Merdeka Belajar, ujar Nadiem.

Foto Prof. Komarudin ketika menerima penghargaan

Sementara itu, Suharti selaku Sekjen Kemendikbudristek dalam laporannya mengatakan bahwa Anugerah Merdeka Belajar 2023 ini dilakukan dalam rangka memberikan apresiasi kepada pemangku kepentingan yang telah mendukung pelaksanaan Program Kampus Merdeka. Selain itu juga untuk menyemarakkan bulan merdeka belajar dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional diselenggarakan juga berbagai lomba, jalan sehat, dan penghargaan berupa Anugerah Merdeka Belajar. Setidaknya ada 76 penerima penghargaan dari Pemda, 57 penerima penghargaan dari perguruan tinggi, 33 penerima penghargaan dari mitra, 19 penerima penghargaan dari sosok inspiratif, 10 penerima penghargaan media daring dan cetak, 16 penerima penghargaan lomba foto, 10 pemenang artikel dan karya jurnalistik, dan para pemenang lainnya yang sudah melalui penilaian kurasi dengan indikator yang jelas dan ketat. Selamat kepada para penerima Anugerah Merdeka Belajar. Diharapkan dapat memantik semangat dan sebagai apresiasi atas kontribusi seluruh pemangku kepentingan dalam menyukseskan pelaksanaan berbagai program flagship Kampus Merdeka,” kata Suharti.

Pada kesempatan ini, Prof. Komarudin selaku Rektor UNJ yang turut hadir dalam penerimaan penghargaan mengatakan bahwa penghargaan Program Kampus Merdeka dari Kemendikbudristek pada subkategori Praktisi yang Full Time Mengajar di Kampus yang diraih UNJ ini merupakan komitmen UNJ untuk mensukseskan program yang dicanangkan oleh Pak Menteri Nadiem Makarim. Program Merdeka Belajar ini merupakan program yang turut membangun ekosistem di perguruan tinggi yang lebih baik lagi dan juga upaya merespon kebutuhan sistem pendidikan pada era revolusi industri 4.0, ungkap Prof. Komarudin.

Prof. Komarudin menambahkan, bahwa penghargaan ini juga bisa diraih oleh UNJ berkat kerja keras semua pihak di UNJ, baik pimpinan, tim pelaksana, staf pengembang, maupun dosen. Penghargaan ini juga menjadi salah satu prestasi dari sekian banyak prestasi yang sudah diraih oleh UNJ untuk bersiap diri bertransformasi menjadi PTN-BH dan bereputasi kelas dunia, tambah Prof. Komarudin.

Sementara itu, Prof. Suyono selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UNJ mengatakan bahwa praktisi mengajar sangat penting karena akan meningkatkan kompetensi mahasiswa sesuai kebutuhan dunia kerja. Selain itu program praktisi mengajar juga akan memperluas dan meningkatkan kolaborasi antara dosen atau perguruan tinggi dengan praktisi atau dunia kerja, ungkap Prof. Suyono.

Dr. Abdul Sukur selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaaan dan Alumni UNJ juga turut mengungkapkan rasa senang dan bangga atas penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2023 yang diraih oleh UNJ. Alhamdulillah komitmen dan kolaborasi ini berbuah manis dengan penghargaan yang diraih oleh UNJ. Penghargaan ini menjadi motivasi kedepannya bagi UNJ untuk mempertahankan, meningkatkan, dan terus mensukseskan Program Merdeka Belajar dari Kemendikbudristek untuk kemajuan UNJ, ungkap Dr. Abdul Sukur.