Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

UNIMED Persiapkan Mahasiswa untuk Raih Juara di KDMI Tingkat Nasional Tahun 2023

UNIMED Persiapkan Mahasiswa untuk Raih Juara di KDMI Tingkat Nasional Tahun 2023

Dalam menjaring mahasiswa berprestasi dibidang debat bahasa Indonesia Universitas Negeri Medan menggelar Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tingkat Universitas. Kompetisi debat diikuti perwakilan dari seluruh fakultas yang merupakan mahasiswa terbaik untuk saling berkompetisi.

Kegiatan ini berlangsung pada 30 Mei 2023 di Ruang Sidang A lantai III Biro Rektor Unimed. Kegiatan ini menyeleksi delapan tim peserta debat hingga terpilih sati tim KMDI terbaik Unimed yang akanmengikuti lomba tingkat wilayah, hingga tingkat nasional.

Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) dibuka langsung oleh Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd. dan dihadiri oleh seluruh Wakil Dekan III di lingkungan Unimed, Staf Ahli Rektor Bidang kemahasiswaan, beserta Juri dan seluruh mahasiswa peserta KDMI Tahun 2023.

Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) diikuti 24 mahasiswa yang terdiri dari 7 fakultas dan akan dinilai dengan 4 orang Dewan juri KDMI Unimed tahun 2022 yakni: Dr. Wisman Hadi, S.Pd.,M.Hum.,Dr. Muharrina Harahap, S.S., M.Hum., Dr. Isli Iriani Indiah Pane, M.Hum., Hot Maringan Samosir, S.Sos. S.E. dari Medan Debaters Forum (MDF).

Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd pada saat membuka kegiatan mengatakan Melalui kegiatan ini harapan kita tentunya sangat tinggi agar kita terus aktif membangun wadah-wadah pembinaan mahasiswa melalui berbagai kegiatan yang produktif. Debat bukan hanya strategi dalam adu pendapat agar argumen yang kita miliki tidak dipatahkan oleh lawan tetapi debat dapat meningkatkan kemampuan merespon terhadap suatu masalah. Kegiatan ini juga dapat menjadi suatu kegiatan yang sangat berarti dalam memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menunjukkan prestasi-prestasi gemilangnya, tidak hanya di Unimed akan tetapi di tingkat wilayah maupun Nasional.

Sebagai Ketua Pelaksana Tri Andri Hutapea, S.Si, M.Sc menyampaikan KDMI tahun ini menggunakan debat parlementer, yang akan mengasah kemampuan mahasiswa untuk mengungkap pengetahuan ide global, menganalisis, membuat judgement, dan meyakinkan publik. Melalui kompetisi ini diharapkan mahasiswa Unimed mampu menunjukkan tingkatan dalam berpikir kritis dan kreatif, menyampaikan pendapat secara logis dan sistematis, memperkuat karakter mahasiswa melalui pemahaman akan permasalahan nasional dan internasional beserta alternatif pemecahannya melalui kompetisi debat.(Humas Unimed/dv)