Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Workshop Kesiapan Kerja Mahasiswa Program Indonesia Bright Future Leader

Workshop Kesiapan Kerja Mahasiswa Program Indonesia Bright Future Leader

Banjarmasin – Career and Enterpreneurship Development Center (CEDC) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) bekerjasama dengan Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) menggelar Workshop Kesiapan Kerja pada Senin (30/5/2023). Workshop yang diperuntukkan bagi mahasiswa penerima program beasiswa Indonesia Bright Future Leader (IBFL) ini digelar di aula lantai 1 Gedung Rektorat ULM Banjarmasin.

Ketua CEDC ULM Dr. Irwansyah, S.Sos., M.Si., menyatakan bahwa workshop ini bertujuan untuk membantu para mahasiswa atau alumni untuk memiliki bekal kesiapan kerja. Di antara hal-hal yang perlu diketahui mahasiswa yakni dari apa saja yang harus dilakukan dan bagaimana persiapan untuk menghadapi dunia kerja. Kesiapan mahasiswa menghadapi dunia kerja sangat lah penting mengingat saat ini Perguruan Tinggi dituntut untuk memenuhi Indikator Kinerja Utama (IKU) di mana salah satunya menilai dari kesiapan kerja lulusannya.

Dr. Irwansyah juga berharap dengan diadakannya workshop ini akan membantu mahasiswa dalam menghadapi persiapan masuk dunia kerja. Beliau melihat bahwa salah satu kelemahan fresh graduate saat ini adalah kurang berpengalaman ketika mengikuti hal prosedural ketika membuat lamaran kerja dan ketika harus menghadapi tes psikologi.

Workshop persiapan kerja menghadirkan 2 (dua) narasumber, di antaranya Human Resource & General Affairs Division Head PT Adaro Indonesia, Syahka Abiaji dan psikolog dari Pusat Pelayanan Asesmen Kompetensi (PPAK) ULM M. Syarif Hidayatullah, M.Psi. Dengan hadirnya narasumber ini diharap dapat memberikan bekal terkait persiapan dan proses dalam memasuki dunia kerja.