Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

FH Unisba PTS Pertama di Jabar Miliki Hukumonline Corner

FH Unisba PTS Pertama di Jabar Miliki Hukumonline Corner

KOMHUMAS-Sebagai Fakultas Hukum (FH) yang berkualitas, unggul dan terkemuka, FH Unisba terus meningkatkan fasilitas dalam menunjang pembelajaran bagi dosen dan mahasiswanya. Salah satu fasilitas yang baru dimiliki FH Unisba yaitu Hukumonline Corner yang merupakan kolaborasi antara Hukumonline.com dengan FH Unisba.

Peresmian Hukumonline Corner ini dilakukan di Perpustakaan Unisba berbarengan dengan penandatangan Memorandum of Agreement (MOA), serta diskusi rutin bertema ‘The Rule of Code: Tantangan Hukum dan Regulasi Blockchain’, pada Selasa (30/05/2023).

Dengan adanya fasilitas ini, maka FH Unisba merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pertama  di Jawa Barat (Jabar) dan menjadi Perguruan Tinggi wilayah Jawa Barat kedua yang memiliki Hukumonline Corner.

Dekan FH Unisba, Dr. Efik Yusdiansyah, S.H., M.H., mengajak dosen dan mahasiswa FH Unisba untuk dapat mengeksplorasi layanan Hukumonline Corner ini termasuk memberikan komentar mengenai peraturan baru yang muncul dan segala macam yang dirasakan, serta lebih lanjut didiskusikan bersama-sama.

Dekan berharap, kerja sama melalui Hukumonline Corner ini dapat memberikan manfaat yang besar dalam rangka menambah dan meningkatkan wawasan keilmuan di bidang hukum, khususnya dalam rangka membangun generasi muda supaya bisa berhukum dengan baik.

“Kita harus mulai membangun bangsa ini dengan membangun hukum yang sebaik- baiknya. Tentu sebagai calon penegak hukum harus lebih baik lagi, memahami bahwa nyatanya penegakan hukum itu tidak bisa dilepaskan dari etika. Oleh karena itu, etika tidak bisa kita lepaskan dan tentu dengan kesempatan kerja sama ini untuk dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan mengeksplor semua layanan yang ada di Hukumonline Corner ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Dekan berharap, kerja sama ini dapat selalu mendatangkan manfaat, meningkatkan generasi muda yang akan datang menjadi generasi yang taat hukum dan yang mau menjalankan hukum, serta bukan mau mempelajari hukum dalam rangka menerobos hukum.

Chief Media and Engagement Officer  (CMO) Hukumonline.com, Amrie Hakim menuturkan, Hukumonline sudah didirikan sejak 22 tahun lalu dengan mengemban misi utama peningkatan edukasi dan literasi hukum. Dengan memegang kepercayaan terhadap edukasi hukum sejak dini akan membantu mempercepat proses regenerasi profesional hukum yang baik di kemudian hari.

Menurutnya, Hukumonline University Solution telah diluncurkan sebagai sebuah program yang mempermudah dalam mengakses Hukumonline kepada seluruh civitas akademika dari satu lembaga pendidikan. “Hal ini sebagai komitmen  Hukumonline terhadap perkembangan edukasi hukum Indonesia di era disrupsi teknologi,” katanya.

Melalui program Hukumonline Corner ini, setiap sivitas akademika khusunya dosen dan mahasiswa dapat mengakses lebih dari 150.000 koleksi peraturan perundang-undangan dan putusan pengadilan melalui Pusat Data Hukumonline. “Di dalamnya termasuk legal analisis dan pelayanan prime news stories yang bisa mempermudah dalam mencari referensi hukum maupun membaca isu-isu nasional,” katanya.

Amrie berharap, Hukumonline Corner ini juga bisa menambah exposure bagi Unisba karena diakses dan dilihat 3juta pembaca/user setiap bulannya. “Maka agar tenaga pengajar yang terdiri dari dosen dan mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin,” Tuturnya.***