Selasa, 23 April 2024
Perguruan Tinggi

Dua Tim UNDIP Raih Juara 2 dan 3 pada Kompetisi International BIM Innovation Contest Tahun 2023

Dua Tim UNDIP Raih Juara 2 dan 3 pada Kompetisi International BIM Innovation Contest Tahun 2023

Kabar membanggakan kembali hadir dari mahasiswa Teknik Sipil Universitas Diponegoro (Undip). Adalah Tim BimBim Undip yang berhasil meraih Juara 2 dan Tim Tjokro Undip yang berhasil meraih Juara 3 pada Kompetisi International BIM (Building Information Modelling) Innovation Contest (IBIC) Tahun 2023.

Tim BimBim Undip yang terdiri dari Arif Setiawan (sebagai ketua tim), Arga Widi Ananta, dan Fifi Farida Imania ini merupakan mahasiswa Teknik Sipil angkatan 2019 dan dibimbing oleh Banu Ardi Hidayat, S.T., M.T. Sedangkan Tim Tjokro Undip terdiri dari Fawwaz Iqbal (Teknik Sipil angkatan 2020) sebagai ketua tim, Dimas Okta Savero (Teknik Sipil angkatan 2020), dan Hanif Widya Utomo (Teknik Sipil angkatan 2019).

Arif Setiawan selaku ketua Tim BimBim Undip mengaku telah melakukan berbagai persiapan seperti belajar software BIM yang digunakan dan membuat timeline belajar. “Setiap hari dijadwalkan belajar software melalui youtube selama satu bulan, sehingga saat mengikuti perlombaan tinggal mengerjakan case yg diberikan. Ini membuat pengerjaan waktu lebih efisien. Selain itu juga, dalam pengerjaan lomba, kami membagi sesuai jobdesk masing-masing anggota, sehingga pengerjaan laporan dapat selesai sesuai waktu yg ditentukan panitia,” jelasnya.

“Kami sangat bersyukur bisa mendapatkan Juara 2 di IBIC 2023, setelah mencoba beberapa perlombaan namun hanya mampu menembus babak final. Akhirnya di IBIC 2023 ini tim kami bisa mendapatkan Juara 2,” tambah Arif.

Sedangkan Fawwaz Iqbal selaku ketua Tim Tjokro Undip menjelaskan bahwa persiapan telah dilakukan dengan cukup matang. “Kami sudah lama tertarik pada BIM (Building Information Modelling) dan kami juga sudah sering mengikuti pelatihan BIM yang diadakan oleh pihak kampus. Kami rutin berkumpul dan bertukar pikiran mencari inovasi yang cocok untuk diimplemetasikan pada proyek lomba IBIC 2023,” ujarnya.

“Lomba IBIC 2023 adalah lomba pertama bagi kami, tentunya kami sangat bersyukur atas hasil tersebut dan akan terus mengevaluasi untuk kedepannya karena pengalaman adalah guru terbaik,” kata Iqbal.

IBIC 2023 merupakan kompetisi yang diadakan dalam rangkaian acara The 11th Civil Engineering Innovation Contest (CEIC) 2023. IBIC 2023 mengusung tema “Sustainable and Optimation Building Construction for Better Quality and Durability with BIM (Building Information Modelling)”.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak tanggal 1 Februari 2023 hingga 3 Mei 2023 ini diawali oleh tahap penyisihan yang wajib diikuti oleh setiap tim yang sudah terdaftar dalam kompetisi. Dalam kegiatan ini, peserta diwajibkan untuk membuat proposal perencanaan analisis struktur bangunan gedung pada beberapa lokasi bangunan gedung di Indonesia yang telah disediakan dengan ketentuan disesuaikan berdasarkan perencanaan gedung di lapangan.

Kemudian memasuki tahap final, kegiatan berupa presentasi proposal perencanaan analisis struktur dan pembuatan video animasi BIM. Dalam penilaiannya juga bekerja sama dengan PT. Hutama Karya untuk melakukan penilaian lomba dan penjurian pada tahap final.

Tim BimBim Undip

Tim Tjokro Undip