Rabu, 24 April 2024
Perguruan Tinggi

Implementasi Project-based Learning, Prodi Administrasi Bisnis Unpad Gelar Bazar

Implementasi Project-based Learning, Prodi Administrasi Bisnis Unpad Gelar Bazar

Laporan oleh Sulthan Adam Wizarddinan Hariono

[Kanal Media Unpad] Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran menggelar Project-based Learning bertajuk “Bazar Administrasi Bisnis 2023”  di Jalan Boulevard Unpad, Jatinangor, Senin (30/5/2023).

Dr. Ratih Purbasari, S.Sos, M.SM. sebagai dosen pengampu mata kuliah Business Development mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu luaran dari dua mata kuliah yang bersifat project based learning, yaitu mata kuliah Perancangan Proyek dan Bisnis serta mata kuliah lanjutan dari business Start-Up dan kewirausahaan yang bersifat sustain.

“Bazar ini merupakan salah satu komponen wajib untuk mahasiswa yang diikutsertakan, adapun komponen lain antara lain adalah business plan competition, seminar nasional, dan pembuatan prototipe produk dengan tujuan melatih mahasiswa untuk meng-arrange suatu kegiatan,” ujarnya

Tak hanya itu, Rani Sukmadewi, S.AB., M.AB. dosen pengampu mata kuliah yang sama juga menegaskan bahwa proyek ini memang direncanakan dari awal sampai akhir. Rani juag menerangkan bahwa keikutsertaan mahasiswa dalam mengikuti Business Plan Competition ber-output juara, sedangkan penyelenggaraan bazar melalui target penjualan maupun jumlah viewers dari platform media sosial yang nantinya akan diakumulasikan menjadi nilai akhir mahasiswa.

Melalui project-based learning ini Ratih berharap dapat memberikan manfaat secara pribadi dan bekal serta nilai-nilai yang diberikan selama tiga semester dapat membentuk karakter mahasiswa dengan pilihan profesi apapun.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Rani. Dari proyek ini harapannya dengan berkegiatan, mahasiswa dapat mengaplikasikan langsung tidak hanya teori di kelas tetapi mereka juga memahami ilmu teori dan ilmu praktiknya di lapangan, serta meningkatkan soft skill dan memperbesar peluang mahasiswa.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur Himabis FISIP Unpad, Dinar Lathifah mengungkapkan kebanggaannya dengan digelarnya bazar ini. Menurut Dinar, kegiatan project-based learning dapat meningkatkan antusias dan semangat mahasiswa untuk terjun langsung serta menguatkan ciri khas mahasiswa program studi Administrasi Bisnis Unpad.

“Harapan saya, semoga dengan diadakannya bazar ini bisa menggelorakan semangat berwirausha anak-anak Adbis, dan meningkatkan kreativitas serta inovasi mahasiswa di dunia bisnis,” pungkas Dinar. (arm)*