Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Rektor Unimed Wisuda 654 Lulusan yang Siap Kolaborasi di Dunia Kerja

Rektor Unimed Wisuda 654 Lulusan yang Siap Kolaborasi di Dunia Kerja

Rektor Universitas Negeri Medan mewisuda 654 lulusan pada Rabu, 31 Mei 2023 secara luring di Gedung Serbaguna Unimed. Diikuti oleh Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan, Direktur Pascasarjana, Guru Besar, Kajur dan Sekjur, Kaprodi, Dosen Fungsionaris dan Ribuan Mahasiswa.

Adapun Rektor mengukuhkan Lulusan Program Pascasarjana sebanyak 41 orang, Lulusan Fakultas Ilmu Pendidikan sebanyak 50 orang, Lulusan Fakultas Bahasa dan Seni sebanyak 109 orang, Lulusan Fakultas Ilmu Sosial sebanyak 57 orang, Lulusan Fakutas Matematika dan Ilmu Pegetahuan Alam sebanyak 142 orang, Lulusan Fakultas Teknik sebanyak 115 orang, Lulusan Fakultas Ilmu Keolahragaan sebanyak 71 orang, dan Lulusan Fakultas Ekonomi 69 orang.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. mengatakan Upacara wisuda yang saudara ikuti ini, bukan menyatakan bahwa masa belajar Saudara telah berakhir. Justru harus Saudara jadikan sebagai titik awal perjuangan baru dalam mengimplementasikan kemampuan dan skill yang sudah Saudara miliki selama studi di Unimed. Gelar akademik dan keahlian yang telah Saudara peroleh, harus menjadi modal utama agar saudara mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk berkiprah, dan berkarya dalam meniti karir untuk meraih kesuksesan hidup. Kami mengajak semua para lulusan yang diwisuda hari ini, agar saudara dapat melanjutkan studi kejenjang S2 dan S3, untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi dan skill yang lebih mahir dan profesional, agar semakin dapat berkolaborasi di dunia kerja yang kompetitif. Unimed saat ini telah memiliki 6 Program Doktor, dan 19 Program Magister yang terus berkembang. Melalui acara wisuda yang berbahagia ini, kami mengundang para wisudawan untuk kembali melanjutkan studi pada Program Doktor dan Magister yang ada di kampus kebanggaan kita Universitas Negeri Medan. Alhamdulilah, saat ini Unimed memiliki 82 Program Studi D3, S1/D4, S2, S3 dan Profesi, 61 % sudah terakreditasi A/Unggul. Kami pimpinan akan terus dorong agar secara periodik dan cepat, semua Program Studi di Unimed harus meraih akreditasi Unggul.

Sebagai upaya mempersiapkan lulusan yang handal, bermutu dan mampu bersaing di dunia kerja, serta kita siapkan tahun depan ada beberapa Program Studi yang berhasil memperoleh akreditasi internasional. Kita juga sudah bekerjasama dengan semua pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota, berbagai dunia industri, dan perusahaan, sebagai wujud mensukseskan Program Pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Alhamdulilah, melalui program MBKM, 374 mahasiswa Unimed berhasil lolos untuk magang dan studi independen bersertifikat di berbagai perusahaan besar, dunia industri dan perbankkan. Setiap semester, ratusan mahasiswa Unimed kuliah satu semester di kampus terbaik di Indonesia dan beberapa kampus terbaik dunia, untuk semester ini ada 322 mahasiswa Unimed yang sedang mengikuti kuliah diberbagai kampus terbaik di Indonesia, dan ada 3 orang mahasiswa yang sedang kuliah 1 semester di Eropa pada program IISMA (Indonesian International Student Mobility Award). Begitu juga program kampus mengajar dari pemerintah, mahasiswa Unimed terbanyak ke-4 nasional yang sedang mengikuti program ini, ada 806 mahasiswa yang berperan aktif dalam program kampus mengajar di berbagai pelosok tanah air.

Lanjut Rektor, “Di era revolusi industri dan menuju era society 5.0, dimana teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia. Saudara para wisudawan dituntut untuk lebih memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging, kemahiran/skill dibidang IT dan literasi bahasa Inggris. Saat ini bukan lagi era kompetisi, melainkan dunia kerja membutuhkan kemampuan dan skill kolaborasi dalam berbagai hal. Dalam melangkah ke jenjang karir, dan dunia kerja, setidaknya ada 10 skill yang dibutuhkan di masa depan, yakni : Ilmuwan yg Kreatif, Kemampuan Menyelesaikan Masalah, Kerja Sama Tim atau Kolaborasi, Kepemimpinan, Kemampuan Negosiasi, Manajemen Waktu, Kemampuan Mengambil Keputusan, Kemampuan Mengendalikan Emosi, Berpikir Kritis, dan Networking. Melalui Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI dan penugasan 6 tugas wajib dalam setiap mata kuliah, kami yakin saudara semua lulusan UNIMED yang di wisuda hari ini, sudah memiliki 10 komptensi dan skill yang dibutuhkan di dunia kerja. Masyarakat menaruh harapan besar kepada Universitas Negeri Medan untuk mendidik dan menghasilkan guru, konselor, pamong belajar, dan tenaga kerja yang bermutu dan berkarakter mulia yang memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, dan kinestetik yang membentuk sikap dan mentalitas para wisudawan. Kami yakin saudara mampu berkolaborasi untuk meraih kesuksesan di dunia kerja yang akan menghantarkan saudara dapat hidup sukses yang lebih cemerlang, untuk membahagiakan kedua orang tua dan keluarga.

Saat ini kami pimpinan Universitas Negeri Medan, sudah menetapkan berbagai terobosan baru dalam pengembangan dan peningkatan kualitas mutu lulusan, kualitas SDM dosen untuk segera meraih Doktor dan Profesor, dan mempertajam relevansi kurikulum dengan dunia kerja melalui penyusunan kurikulum Outcomes Based Education (OBE), dengan menyesuaikan perkembangan era digital dan kebutuhan pasar kerja. Sebagai upaya mempersiapkan lulusan yang handal, bermutu dan mampu bersaing di dunia kerja, serta kita siapkan tahun depan ada beberapa Program Studi yang berhasil memperoleh akreditasi internasional. Kita juga sudah bekerjasama dengan semua pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota, berbagai dunia industri, dan perusahaan, sebagai wujud mensukseskan Program Pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Alhamdulilah, melalui program MBKM, 374 mahasiswa Unimed berhasil lolos untuk magang dan studi independen bersertifikat di berbagai perusahaan besar, dunia industri dan perbankkan. Setiap semester, ratusan mahasiswa Unimed kuliah satu semester di kampus terbaik di Indonesia dan beberapa kampus terbaik dunia, untuk semester ini ada 322 mahasiswa Unimed yang sedang mengikuti kuliah diberbagai kampus terbaik di Indonesia, dan ada 3 orang mahasiswa yang sedang kuliah 1 semester di Eropa pada program IISMA (Indonesian International Student Mobility Award). Begitu juga program kampus mengajar dari pemerintah, mahasiswa Unimed terbanyak ke-4 nasional yang sedang mengikuti program ini, ada 806 mahasiswa yang berperan aktif dalam program kampus mengajar di berbagai pelosok tanah air.(Humas Unimed/ms)