Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

FTK Unisba Terima Kunjungan Pascasarjana Universitas Islam Lirboyo

FTK Unisba Terima Kunjungan Pascasarjana Universitas Islam Lirboyo

Komhumas – Sebanyak 130 mahasiswa program Pascasarjana Universitas Islam Lirboyo, Kediri melakukan kunjungan ke Universitas Islam Bandung (Unisba) Rabu (31/5). Romobongan yang dipimpin oleh Direktur Program Pascasarjana Universitas Islam Lirboyo, Dr. H. Abbas Sofwan Matlail Fajar, SHI, LL.M disambut oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Dr. Aep Saepudin, Drs., M.Ag., beserta jajarannya di Aula Utama Unisba.

Direktur program pascasarja  Lirboyo, Dr. H. Abbas Sofwan Matlail Fajar, SHI, LL.M mengatakan, kunjungan ini dilakukan dalam rangka menjalankan program Reality Experiential Study (Reals) bagi mahasiswa. Beliau berharap, melalui kunjungan ini pihaknya bisa mempelajari tentang bagaimana Unisba mampu mengembangkan universitas, prodi dan berbagai pola pembelajaran hingga menjadi universitas yang unggul.

“Bagi kami perguruan tinggi yang berbasis pesantren, secara keilmuan mahasiswa didominasi oleh santri yang rata-rata sudah 4 tahun berada di pesantren sehingga secara keilmuan, katakanlah pemahaman terhadap kitab kuning sudah mempuni. Namun, kami memerlukan dimensi lain yang lebih terbuka bahwa pembelajaran di era ini tidak membutuhkan refernsi saja tapi perlu pemahaman tentang penggunaan teknologi atau artificial intelligence,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Islam Lirboyo  mengikuti stadium general terkait topik artificial intelligence. Ketiga narasumber yang menjadi pemateri pada kegiatan tersebut yakni Dr. H. Dedih Surana, Dr.s., M.Ag, Kaprodi Magister Pendidikan Agama Islam (MPI) Unisba, Dr. Kh. Ali Imron, M. Phil.I, Dosen Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Islam Lirboyo, dan Dr. Hj. Erhamwilda, Dra., M.Pd, Dosen Prodi PG-PAUD Unisba.

Dalam kunjungan tersebut kedua belah pihak sepakat untuk membuka pintu kerja sama  dalam berbagai bidang yang berkaitan dengan tridharma perguruan tinggi.Jalinan kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan MoU dilakukan oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Dr. Aep Saepudin, Drs., M.Ag., dengan Direktur Program Pascasarjana Universitas Islam Lirboyo, Dr. H. Abbas Sofwan Matlail Fajar, SHI, LL.M., serta Kaprodi MPI Dr. H. Dedih Surana, Dr.s., M.Ag, dan Kaprodi PAI Universitas Islam Lirboyo  Dr. Tri Prasetyo Utomo, M. Pd.