Kamis, 28 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Rangkaian KAS Youth Day 2023, Gratia Choir SCU Bersama SMP-SMA Ursulin Surakarta Gelar Mini Concert

Rangkaian KAS Youth Day 2023, Gratia Choir SCU Bersama SMP-SMA Ursulin Surakarta Gelar Mini Concert

Menuju event Keuskupan Agung Semarang (KAS) Youth Day 2023, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Soegijapranata Catholic University (SCU) atau lebih dikenal dengan Unika Soegijapranata, Gratia Choir, bersama dengan Paduan Suara dari SMP dan SMA Regina Pacis Ursulin Surakarta, Regina Pacis Choir dan Regina Ensamble menyelenggarakan Mini Concert di Auditorium SMA Regina Pacis Ursulin Surakarta pada Minggu, 21 Mei 2023 lalu.

Ketua Yayasan Winaya Bhakti Solo yang menaungi SMP-SMA Ursulin, Sr.Veronica Sri Andayani, OSU, menyambut dengan tangan terbuka ajakan SCU dalam kolaborasi Mini Concert ini, “ini menarik sekali. Soegijapranata (SCU) mengundang kami untuk berkolaborasi. Choir anak-anak cukup bagus. Ini saat mereka tampil dengan kakak-kakaknya,” jelasnya.

Pra-event di Solo ini merupakan satu dari rangkaian acara pra-event menuju KAS Youth Day yang nantinya juga ikut diselenggarakan oleh SCU pada 2-4 Juli mendatang. Setelahnya juga akan diselenggarakan di Jepara dan Magelang pada 28 Mei dan 6 Mei 2023 mendatang, dan akhirnya dipentaskan di Ambarawa.

“Di 4 tempat itu kami promosikan semua kegiatan Youth Day, sekaligus mengenalkan Soegijapranata pada anak-anak muda sekarang ini, dan ternyata banyak yang belum mengenalnya,” jelas Rektor SCU, Dr. Ferdinandus Hindiarto.

Dr. Ferdinand mengatakan bahwa bahwa pra-event menjadi salah media yang tepat dalam lebih memperkenalkan Uskup pribumi pertama dari Indonesia, Mgr. Albertus Soegijapranata kepada para anak muda katolik.

Bukan hanya sebagai media untuk unjuk gigi para talenta muda katolik, melainkan juga merupakan tempat berkumpulnya seluruh anak muda katolik di Keuskupan Agung Semarang untuk bertemu, melakukan diskusi, berdialog, serta sharing dalam tema “Koi Aris Toy,” yaitu bagaimana seorang pemimpin bukan hanya cerdas melainkan juga harus berkarakter.

Dr. Ferdinand berharap dengan diselenggarakannya Pra-Event Mini Concert ini dapat memberikan motivasi kepada para siswa dan siswi SMP dan SMA Ursulin Surakarta dalam mengembangkan prestasi di luar akademik, khususnya di paduan suara.

“Paduan suara menjadi aktivitas non-akademik yang dikembangkan, terus diberdayakan. Kami paduan suara mahasiswa Gratia Choir Universitas Soegijapranata (SCU) membangun mimpi adik-adik SMA/SMP suatu saat bisa berkompetisi di luar negeri. Termasuk Eropa timur yang fanatik dengan paduan suara musik klasik,” tanggap beliau. [Humas SCU/Hil]