Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Sosialisasi Pemilihan Mapel Kelas XI

Sosialisasi Pemilihan Mapel Kelas XI

Hari ini, Rabu 31 Mei 2023 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta melaksanakan sosialisasi pemilihan mapel kelas XI kepada orangtua/wali murid secara daring menggunakan aplikasi zoom. Dalam kurikulum merdeka ini tidak ada lagi penjurusan/peminatan, yang ada adalah mata pelajaran pilihan. Agar terjadi sinergi yang baik antara sekolah dan orangtua, maka dalam pemilihan mata pelajaran ini sekolah melibatkan orangtua untuk mengikuti prosesnya. Agar nantinya mata pelajaran yang dipilih oleh siswa juga akan didukung oleh orangtua mereka masing-masing. Dengan begitu diharapkan, proses pembelajaran yang akan berlangsung di kelas XI nanti dapat berjalan menyenangkan dan kondusif sesuai dengan minat siswa masing-masing.

Kegiatan sosialisasi ini dihandle langsung oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Iwan Wuriyanto, S.S. Kegiatan dimulai pukul 09.00 tepat sesuai undangan dengan urutan acara, pembukaan, doa, sambutan kepala sekolah, paparan sosialisasi pemilihan mata pelajaran dan tanya jawab, penutup.

Kegiatan dibuka dengan membaca bacaan basmallah kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Bapak Dwi Padang, S.Psi. kemudian dilanjutkan sambutan oleh kepala sekolah, Dr. Rahayuningsih, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh orangtua/wali murid kelas X yang telah bergabung dalam room zoom. “Sosialisasi pemilihan mata pelajaran ini sebenarnya sudah kami lakukan jauh-jauh hari untuk anak-anak. Dan hari ini merupakan puncak pemantapan dari kegiatan ini dengan menghadirkan peran orangtua agar turut serta memberikan sumbangsih untuk pemilihan mata pelajaran yang nantinya akan ditentukan oleh putra putrinya yang akan dipelajari di kelas XI nanti, tutur Dr.Rahayuningsih, S.Pd., M.Pd dalam sambutannya.

Tujuan pertemuan ini, selain untuk sosialisasi kepada orangtua agar mendampingi siswa dalam memilih mata pelajaran, juga diharapkan agar harapan semua pihak baik siswa, orangtua, dan sekolah dapat tercapai dengan baik dan dapat diterima oleh semuanya.

Pemaparan mengenai pemilihan mata pelajaran disampaikan oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Iwan Wuriyanto, SS. Beliau menyampaikan tentang pemaparan yang dimulai dengan dalam memilih mata pelajaran harus berorientasi pada tujuan masuk ke perguruan tinggi baik berdasarkan prestasi, ujian masuk, maupun jalur mandiri. Mata pelajaran yang dipilih harus dapat menunjang jurusan yang diinginkan nantinya. Sekolah berharap agar siswa dapat memperhitungkan mata pelajaran mana yang harus dipilih sesuai dengan jurusan yang mereka inginkan saat kuliah di perguruan tinggi nanti. Harapannya, pemilihan ini benar-benar berdasarkan minat, bakat dan juga kemampuan siswa, tidak sekedar ikut-ikutan teman saja.
Minat yang dimaksud disini adalah hobby, sedangkat bakat yang dimaksud adalah tentang data tes bakat scolastik, data penilaian diri mengenai bakat atau eduprit. Sedangkan kemampuan disini adalah data prestasi akademik yang dimiliki.

Dalam paparannya, Iwan Wuriyanto, SS juga menyampaikan bahwa struktur mata pelajaran kurikulum merdeka fase F sedikit berbeda dengan Fase E. Untuk Fase F ada kelompok mata pelajaran umum yang berjumlah 18 jam pelajaran, kelompom mata pelajaran pilihan yang terdiri dari 7 mata pelajaran pilihan yang dapat dipilih, sedangkan jumlah pilihan nantinya ada 4-5 mata pelajaran sekitar 20-25 jam pelajaran tiap minggunya.

Penentuan kelas nanti akan didasarkan atas kriteria penempatan yaitu dengan assesment awal, minat bakat, nilai akademik, dan rencana kuliah.

Sebelum kegiatan diakhiri, ada sesi tanya jawab. Beberapa orangtua menanyakan hasil pemaparan yang disampaikan, dan telah dijawab dengan baik oleh pemateri. Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan semua pihak dapat menerima informasi yang disampaikan dengan baik.

Semoga dengan kegiatan ini ke depannya sinergi antara sekolah dan orangtua terus terjalin dengan baik demi kemajuan pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta khususnys, dan di Indonesia pada umumnya.