Kamis, 28 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Anugerah HUMAS UNJA 2023, 12 Piala Diberikan Kepada Pemenang

Anugerah HUMAS UNJA 2023, 12 Piala Diberikan Kepada Pemenang

MENDALO,- HUMAS Universitas Jambi (UNJA) melaksanakan kegiatan Anugerah HUMAS UNJA (AHU) 2023 dalam rangka memeriahkan Dies Natalis UNJA ke-60. Pemberian hadiah bagi juara 1, 2, dan 3 dilaksanakan setelah pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2023 yang bertempat di Lapangan Upacara UNJA Mendalo.

Anugerah HUMAS UNJA 2023 terdiri dari 4 kategori lomba, yaitu: Lomba Siaran Pers Website Fakultas/Lembaga/UPT, Lomba Pengelolaan Media Sosial Instagram Prodi, Lomba Video Profil Prodi, dan Lomba Foto MBKM.

Rektor UNJA, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D. menyerahkan secara langsung seluruh hadiah kepada para juara.

Berdasarkan hasil seleksi oleh para dewan juri, didapati 3 juara untuk masing-masing kategori lomba, dengan rincian sebagai berikut:

  • Lomba Siaran Pers Website Fakultas/Lembaga/UPT:
    Juara 1: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP),
    Juara 2: Fakultas Sains dan Teknologi (FST),
    Juara 3: UPT Laboratorium Dasar dan Terpadu (UPT-LDT).
  • Lomba Pengelolaan Media Sosial (Instagram) Prodi:
    Juara 1: Prodi Ilmu Politik FH,
    Juara 2: Prodi Kimia FST,
    Juara 3: Prodi S3 Doktor Kependidikan.
  • Lomba Video Profil Prodi:
    Juara 1: Prodi Sistem Informasi FST,
    Juara 2: Prodi Bisnis Digital FEB,
    Juara 3: Prodi Peternakan FAPET.
  • Lomba Foto MBKM:
    Juara 1: Wandi Saputra (Prodi Pendidikan Matematika FKIP),
    Juara 2: Andres Arya Airlangga (Prodi Kehutanan FAPERTA),
    Juara 3: RTS. Suaibatul Aslamia (Kelompok 2 PMM Modul Nusantara Angkatan 2 Tahun 2022).

Juara 1, 2, dan 3 mendapatkan hadiah berupa Sertifikat Penghargaan dan Plakat Juara. Hadiah spesial berupa uang pembinaan dengan total jutaan Rupiah juga diberikan kepada Juara 1, 2, dan 3 kategori Lomba Video Profil Prodi dan Lomba Foto MBKM.

Selain itu, untuk setiap kategori lomba, Rektor UNJA juga menambahkan hadiah berupa merchandise. Juara 1 diberikan hadiah Jaket Varsity, Juara 2 mendapatkan T-Shirt, serta Juara 3 mendapatkan Totebag dan Mug.

Korpus Dokumentasi dan Informasi Publik (HUMAS) UNJA, Mochammad Farisi, S.H., LL.M., menjelaskan alasan yang mendasari pelaksanaan AHU 2023.

“Acara AHU ini adalah program HUMAS yang pertama kali di UNJA, juga untuk memeriahkan Dies Natalis UNJA ke-60. Acara ini terinspirasi saat akhir tahun lalu (2022) HUMAS UNJA mendapatkan Anugerah HUMAS dari Ditjendiktiristek Kemdikbudristek RI sehingga kami pun menyelenggarakan Anugerah HUMAS dengan empat macam kategori lomba; siaran pers website fakultas/lembaga/UPT, Pengelolaan media sosial prodi, lomba foto MBKM dan Lomba Video Profil prodi,” ujar Farisi.

“Kami di HUMAS punya visi Responsif Mengelola Reputasi Universitas, ini adalah jargon yang sangat positif yang berarti bergerak cepat dan aktif mempublikasi berbagai capaian sesuai visi UNJA SMART. Dengan adanya AHU ini, harapan kami juga di level Fakultas dan Prodi lebih responsif mengelola dan mempublikasi berbagai informasi dan kegiatan serta prestasinya. Saya melihat banyak kegiatan dan prestasi di level Prodi namun belum maksimal dipublikasikan, insyallah dengan event ini akan memotivasi unit kerja untuk lebih aktif mengelola kehumasannya,” harap Farisi.

Beliau juga menjelaskan mengenai rincian hadiah yang diberikan kepada para pemenang.

“Kami memberikan hadiah, plakat, uang pembinaan, serta ada tambahan hadiah dari Rektor yaitu mercendize berupa jaket, kaos, totebag, dan mug. Alhamdulillah terima kasih Pak Rektor yang sangat mensupport AHU ini. Untuk mendukug SDM kehumasan yang berkualitas, insyallah tahun ini HUMAS juga akan menyelenggarakan pelatihan jurnalistik lagi, pelatihan Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID), servise execellent, dan public speaking.
Sekali lagi selamat bagi pemenang, dan yang belum beruntung kita bertemu lagi di AHU tahun depan. Salam HUMAS SMART (responsif mengelola reputasi univeritas),” jelas Farisi.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS