Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Unisba dan Pemkab Kotabaru Tandatangani MoU Kerjasama Pendidikan

Unisba dan Pemkab Kotabaru Tandatangani MoU Kerjasama Pendidikan

KOMHUMAS – Universitas Islam Bandung dan Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan menandatangani MoU atau Nota Kesepahaman untuk pembangunan Kotabaru dalam hal tridharma. Nota kesepahaman ditandatangani secara langsung oleh Rektor Unisba Prof. Dr. H. Edi Setiadi, S.H., M.H. dan Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar, S.H. di kediaman Bupati pada Rabu (31/5) malam.

Rektor Unisba Prof. Dr. H. Edi Setiadi, S.H., M.H. mengungkapkan bahwa penandatanganan ini menjadi titik awal kerjasama yang lebih jauh terkait tridharma perguruan tinggi. “Nantinya kerjasama ini akan diimplementasikan oleh Unisba dengan 10 fakultas dan 33 program studi untuk membantu pengembangan Kabupaten Kotabaru dalam hal keilmuan, baik pengajaran, penelitian, ataupun pengabdian kepada masyarakat,” ungkapnya.

Edi mencontohkan dalam hal pengajaran, Pemkab Kotabaru bisa mengirimkan pegawainya untuk melanjutkan studi di Unisba. Dalam hal penelitian dan pengabdian pun, dalam pandangannya, dapat menjadi bentuk kerjasama dalam beberapa sektor seperti sektor pariwisata dan industri. “Unisba kini sudah bisa melakukan pembelajaran jarak jauh dengan sistem hybrid. Kami pun punya pakar-pakar dalam keilmuan yang dapat membantu pengembangan daerah misalnya Fakultas Ilmu Komunikasi dalam Komunikasi Pariwisata, ataupun fakultas-fakultas lainnya,” tambahnya.

Pemerintah Kabupaten Kotabaru menyambut baik dan memdorong kerjasama yang lebih konkret dengan Unisba. Keunggulan Unisba sebagai perguruan tinggi yang mengedepankan mujahid, mujtahid dan mujaddid, menurutnyaselaras dengan komitmen Pemkab Kotabaru dalam melayani rakyat. “Kolabarasi Unisba dengan Pemkab Kotabaru harus dikekalkan dalam wujud kerjasama teknis untuk kemaslahatan warga dan kemajuan Kotabaru,” papar Sayed Jafar

Unisba memiliki 10 Fakultas yakni Fakultas Syariah, Fakultas Dakwah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Psikologi, Fakultas Hukum, Fakultas MIPA, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Komunikasi, dan Fakultas Kedokteran. Unisba juga membuka pendidikan dari jenjang S1, S2, S3, dan profesi. Untuk meningkatkan kemampuan lulusan, Unisba juga memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang dapat mengeluarka sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Setifikasi Profesi (BNSP). (Firmansyah)