Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Membumikan Pancasila dalam Sanubari

Membumikan Pancasila dalam Sanubari

Kamis, 1 Juni 2023, SMK Negeri 11 Semarang menyelenggarakan upacara hari kelahiran Pancasila. Kali ini sebagai petugas upacara adalah pengurus OSIS SMK Negeri 11 Semarang yang didukung oleh PASUS Cakra Satya Dewantara dan Paskibra Pasugama yang membantu menertibkan siswa untuk mengikuti upacara, tim PMR Wira SMK N 11 Semarang yang siap sedia menjaga di barisan paling belakang serta tim Paduan Suara. Kolaborasi yang saling mendukung satu sama lainnya, sehingga upacara kali ini dapat berjalan dengan lancar dan lebih cepat memulainya dibandingkan dengan upacara-upacara sebelumnya. Inilah yang patut diapresiasi kepada kolaborasi dari setiap unsur yang terlibat dari upacara peringatan kelahiran Pancasila.

Selaku inspektur upacara, kepala SMK Negeri 11 Semarang, Drs. Luluk Wibowo, S.ST., M.T menyampaikan pidato Gubernur Jawa Tengah. Dalam amanatnya disampaikan bahwa sebagai generasi muda hendaknya menjadikan hari kelahiran Pancasila sebagai momentum membumikan Pancasila dalam sanubari sehingga mampu mengamalkan setiap sila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kepala sekolah juga menyampaikan pesan tambahan, bahwa kita yang hadir di bumi grafika ini, hendaknya jangan sampai melupakan nilai-nilai sejarah yang telah ditorehkan oleh orang-orang yang sudah membesarkan nama baik SMK Negeri 11 Semarang.

Pancasila yang digagas oleh para founder bangsa Indonesia dan dijadikan sebagai landasan negara Indonesia merupakan internalisasi semua karakter dan kepribadian masyarakat yang sudah dimiliki oleh nenek moyang. Masyarakat yang sudah memiliki toleransi sejak lama dalam berketuhanan yang maha esa, menjunjung tinggi kemanusiaan, persatuan dan mengambil kata mufakat dalam setiap pengambilan keputusan serta mengedepankan pada keadilan. Jika diperas menjadi satu, maka kelimanya menjadi satu kata yakni gotong royong. Kepala sekolah mengajak seluruh peserta upacara untuk mengaplikasikan nilai gotong royong dalam kehidupan di sekolah ini dengan baik. Itulah ajakan yang paling sederhana untuk mewujudkan slogan SMK N 11 Semarang: “Bersinergi Berprestasi”.