Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Upacara Hari Lahir Pancasila di UNIB Hikmat

Upacara Hari Lahir Pancasila di UNIB Hikmat

SEGENAP pimpinan, dosen, tenaga kependidikan dan ratusan mahasiswa Universitas Bengkulu mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023, di lapangan gedung rekrorat UNIB, Kamis (1/6/2023).

Upacara yang dipimpin Wakil Rektor II Bidang Sumberdaya, Yefriza, S.E, MPPM, Ph.D selaku Pembina Upacara ini diwarnai pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera dan berlangsung secara hikmat.

Dalam amanatnya, Pembina Upacara membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim. Dijelaskan bahwa peringatan hari lahir Pancasila kali ini mengusung tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global.”

Gotong royong bukan sekedar jargon, tetapi hidup nyata dalam praktik keseharian masyarakat Indonesia. Ia melahirkan semangat keutamaan bangsa ini untuk saling mengisi, berbagi, memberi, dan menghargai demi terwujudnya kemajuan dalam kebersamaan dan kekeluargaan.

Mendikbudristek dalam sambutan tertulis juga mengatakan, Kemendikbudristek telah melahirkan 24 Episode Merdeka Belajar dan transformasi lainnya. Seluruh upaya tersebut selaras dengan Visi Indonesia Maju dan amanat Presiden Republik Indonesia yang mendapatkan mandat dari rakyat melalui proses demokrasi.

Banyak terobosan dan capaian yang telah kita raih, namun kita menyadari bahwa perjalanan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa masih panjang. Masih banyak ruang-ruang perbaikan yang dibutuhkan untuk memberikan layanan pendidikan dan kebudayaan dengan sebaik-baiknya.

“Anak-anak membutuhkan upaya terbaik kita semua agar mampu menyongsong masa depan yang mungkin tidak akan pernah kita lihat,” ujar Mendikbudristek, seraya mengajak seluruh lapisan untuk menjadikan momentum peringatan hari lahir Pancasila ini untuk mengenang, menghormati serta menghargai perjuangan para pendiri Bangsa dalam usaha merumuskan segenap gagasan nilai luhur serta dasar Negara Indonesia.

Di akhir amanatnya, Wakil Rektor II UNIB Yefriza, Ph.D juga mengajak segenap sivitas akademika UNIB untuk merefleksikan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari demi kemajuan bersama serta mensukseskan upaya-upaya dalam mewujudkan UNIB Unggul untuk Indonesia Optimis.[Penulis : Purna Herawan. Editor : Nursihati/Humas].