Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

UIN Jambi Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

UIN Jambi Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Bertempat di Halaman Kampus I Telanaipura UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menyelenggarakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 yang diikuti oleh jajaran para pimpinan dan civitas akademika di lingkungan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Kamis (1/6).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Bahrul Ulum memimpin jalannya Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 yang bertemakan “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.

Dalam amanatnya Dr. Bahrul mengatakan, pelaksanaan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pada hari ini merupakan upaya untuk kembali meneguhkan komitmen dalam rangka memperkuat keyakinan dan pengamalan di dalam menjalankan nilai-nilai luhur Pancasila yang merupakan nilai utama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Indonesia adalah negara yang ditakdirkan sebagai negara yang majemuk, oleh karena itu sebagai bangsa yang ditakdirkan beragam ini maka kita harus menguatkan hal tersebut dengan Pancasila”, Ucap Dr. Bahrul.

Sebagai bangsa yang beragam kita harus merawat, memelihara dan menjaga bersama-bersama dan salah satu perekat adalah Pancasila. Saat ini kita menghadapi tantangan dan gangguan dari berbagai sisi di negara ini. Bukan hanya sekedar isu saja, melainkan ideologi-ideologi lain yang masuk. Banyak negara lain diluar sana yang tidak memiliki perekat dalam berbangsa bernegara sehingga menimbulkan konflik di dalam negara. Tidak ada pilihan lain bagi kita selain mempertahankan nilai keluhuran yang ada di dalam pancasila, mulai dari nilai kejujuran dan kegotongroyongan dan menjunjung tinggi martabat manusia agar kita dikenang sebagai bangsa yang bermartabat karena kita selalu menjaga keluhuran tersebut.

Menutup amanat, ia mengajak seluruh jajaran pimpinan dan civitas akademika untuk terus mempertahankan dan menyuarakan nilai-nilai Pancasila, menjaga dan mengamalkan nilai luhur tersebut karena kita Indonesia dan kita pancasila.

Kegiatan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ini ditutup dengan foto bersama seluruh jajaran pimpinan dan civitas akademika yang hadir.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_gallery interval=”10″ images=”146851,146845,146844,146843,146846,146847,146848,146849,146850″ img_size=”large”][/vc_column][/vc_row]