Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Satu Lagi langkah Besar Rektor UIN SUTHA Jambi: Rektor Prof. H. Su’adi diterima Pimpinan Universitas Ummul Qurra, Mekah. Untuk mengadakan Audiensi Pembicaraan kerjasama antara kedua Universitas.

Satu Lagi langkah Besar Rektor UIN SUTHA Jambi:  Rektor Prof. H. Su’adi diterima Pimpinan Universitas Ummul Qurra, Mekah. Untuk mengadakan Audiensi Pembicaraan kerjasama antara kedua Universitas.

Mekah, [17-05-2023], ~~ Dahsyat Rektor Prof. Dr. H. Su’aidi, MA., Ph.D Setelah selesai melaksanakan empat kali tawaf mengelilingi Ka’bah dalam Masjidil Haram Kota Mekah, mengambil kesempatan istirahat sewaktu umroh untuk beraudiensi (kunjungan tidak resmi) bertemu dengan pimpinan Universitas Ummul Qurra, Mekah.


Kehadiran Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi disambut dengan ramah oleh Syekh Hasan Al Bukhori, Dekan Fakultas Bahasa Arab Universitas Ummul Qurra Mekah, didampingingi oleh Dr. Abdul Rahman bin Abdullah Al-Qarni, Penjabat Dekan Institut Pengajaran Bahasa Arab kepada Penutur Asli dan Dr Ali bin Muhammad Al-Ghamdi, Direktur Program Diploma. Disamping sebagai Dekan, Syekh Hasan adalah juga salah seorang Imam Tarawih Masjid Haram, Mekah yang juga sering menjadi narasumber rutin dalam pengajian yang dilakukan dalam masjidil Haram, Kota Mekah.

Pertemuan tersebut diawali dengan penyajian Rektor tentang gambaran umum terakhir UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, termasuk diantaranya posisi ranking Dunia UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Rektor Prof. Su’aidi juga menyampaikan kerja sama yang sudah dimiliki dan sudah dikerjakan belakangan ini, termasuk dengan Michigan State Univesity Amerika yang sudah memasuki tahun ketiga tersebut.

Dalam pertemuan di ruang Dekan yang berjalan sekitar 50 menit telah diadakan rencana kerja sama antara UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dengan Universitas Ummul Qurra ke depan. Untuk itu Syekh Hasan menawarkan sejumlah alternatif langkah yang dapat diambil atau sekaligus.

Diantranya, Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi diminta untuk menyurati secara resmi Pimpinan Universitas Ummul Qurra melalui Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta yang isinya meminta difasilitasi kerja sama antara kedua universitas tersebut.

Langkah kedua, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi bisa menyurati secara langsung pimpinan Univeritas Ummul Qurra.

Selanjutnya Pimpinan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi juga dapat menjalin kerja sama dengan menghubungi Prof. Tulus Mustofa di Jakarta.

Langkah lain pimpinan UIN Sulthan Thaha Saifuddun Jambi bisa minta menjadi bagian dari perguruan tinggi yang akan dikunjungi oleh Tim Pimpinan Universitas Ummul Qurra yang berkunjung ke Indonesia setiap tahunnya.

Diantara aspek kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi bisa dilakukan adalah pelatihan Bahasa Arab bagi para dosen UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi bersertifikat. Program ini dapat dilaksanakan dalam waktu yang bervariasi mulai dari satu minggu sampai sekian bulan.

Program pelatihan Bahasa Arab ini juga bisa dilakukan seiring dengan pelaksanaan kegiatan umroh oleh para dosen UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, selama kegiatan umroh itu memang sudah dirancang dalam kesepekatan antara kedua perguruan tinggi tersebut.

Rektor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi segera akan mengadakan rapat pimpinan untuk menindaklanjuti rencana Momerandum of Understanding (MOU) antara kedua perguruan tinggi ini. Menurutnya, program kerja sama ini merupakan bagian dari internasinalisasi kampus UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dan peningkatan kapasitas kemampuan Bahasa Asing para dosen.

Detail lebih lanjut kerja sama tersebut akan dibahas dalam rapat pimpinan yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Kegiatan itu juga merupakan bagian dari  upaya peningkatan nilai akreditasi dan perangkingan dunia UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi yang merupakan bagian dari misi kepemimpinan Prof. Dr. H. Su’aidi, MA., PhD.

 

~(HUMAS UIN SUTHA)~