Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Hujan, Upacara Peringatan hari Lahir Pancasila Dilaksanakan Dalam Ruangan

Hujan, Upacara Peringatan hari Lahir Pancasila Dilaksanakan Dalam Ruangan

uin-suska.ac.id Upacara Peringatan hari Lahir Pancasila 1 Juni Tahun 2023 digelar di Lantai I Gedung Rektorat Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Kamis (1/6/2023).
Semula, Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila akan digelar di Halaman Rektorat Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Namun karena hujan yang tak kunjung reda, kegiatan ini dialihkan ke dalam ruangan.
Rektor Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Prof. Dr. Khairunnas Rajab, M.Ag selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya mengajak peserta upacara untuk meningkatkan integritas dan kedisiplinan serta menjaga moralitas bangsa sebagai wujud nyata memperjuangkan nilai dasar pencasila dalam internalisasi diri. “Hari Lahir Pancasila merupakan momentum untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan para pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia. Karenanya mari kita tunjukkan bahwa kita mampu berbuat yang terbaik dengan meningkatkan integritas dan kedisiplinan serta menjaga moralitas bangsa,” ujar Khairunnas.


Lebih lanjut, Prof Khairunnas juga mengajak civitas akademika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau untuk bersama-sama merawat dan menjaga Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau sehingga menjadi kampus yang gemilang dan terbilang, tidak boleh ada satu orangpun yang merong-rong dan bahkan merusak keberadaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, karena itu termasuk merusak nilai-nilai yang terkandung dalam tatanan Pancasila.
Upacara berlangsung khidmat, meski prosesi pengibaran bendera merah putih tidak dapat dilakukan. Namun upacara kali ini tidak mengurangi rasa semangat dalam memperingati Hari Lahir Pancasila.
Turut hadir pada upacara ini, Wakil Rektor I, II dan III Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Kepala Biro AUPK dan AAKK, Dekan dan Wakil Dekan, Kepala UPT, Ketua LPM dan LPPM, DWP, Tenaga Kependidikan, Dosen serta CS dan Security.