Rabu, 24 April 2024
Perguruan Tinggi

Pelatihan Petugas Proteksi Radiasi Medik 1 di Smart Solution FSM UNDIP

Pelatihan Petugas Proteksi Radiasi Medik 1 di Smart Solution FSM UNDIP

Petugas Proteksi Radiasi (PPR) medik sangat perlu dan diwajibkan oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) dalam instalasi pekerjaan terkait pemanfaatan tenaga nuklir. Pelatihan PPR ada medik dan industri, antara lain PPR medik 1, medik 2, dan medik 3. Begitu juga PPR industri ada Industri 1 hingga industri 3.

Pelatihan PPR medik 1 di Undip diselenggarakan pada tanggal 15 sampai dengan 26 Mei 2023 di Unit Bisnis Smart Solution Fakultas Sains dan Matematika Undip. Jumlah peserta 23 orang, terdiri dari rumah sakit, perusahaan importir dan perusahaan pengujian dan kalibrasi.

Pelatihan PPR medik 1 ini untuk lingkup instalasi radioterapi dan kedokteran nuklir. Peserta dari Fisikawan Medik, Radiografer, Elektro medik. Teknik Mesin dan Teknik Elektro.

Materi yang diberikan antara lain budaya keselamatan, sistem manajemen organisasi, dasar fisika radiasi, dasar proteksi radiasi, alat ukur radiasi, efek biologi radiasi, proteksi paparan kerja, proteksi paparan medik, perundangan ketenaganukliran, pengangkutan zat radioaktif, keamanan sumber radioaktif, pengelolaan limbah radioaktif dan praktikum terkait,

Ujian surat ijin bekerja (sib) petugas tertentu PPR oleh BAPETEN dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2023. Semoga materi-materi yang diperoleh bisa bermanfaat dan lulus dipercaya BAPETEN untuk mendapatkan Surat Ijin Bekerja Petugas tertentu yaitu SIB PPR Medik 1.

Penutupan pelatihan dilaksanakan oleh Dekan FSM Prof Widowati dengan berpesan agar tetap selalu belajar terus dan bekerja dengan baik sebagai PPR Medik 1 nantinya.

Ditambahkan oleh Zaenal Arifin S.Si., F.Med., M.Si., Manager Smart Solution FSM Undip, Alhamdulillah sudah selesai bacth 1 dan akan diselenggarakan pelatihan ppr medik 1 batch 2 di FSM Undip pada tanggal 5-16 Juni 2023. Semoga semakin banyak menghasilkan petugas proteksi radiasi medik, utamanya dari alumni fisika undip juga.