Rabu, 24 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Mari !Mendampingi Murid Belajar dengan Utuh dan Menyeluruh

Mari !Mendampingi Murid Belajar dengan Utuh dan Menyeluruh

Oleh : Dwi Erni Triyanti

Terik matahari terasa sekali pada hari ini, dengan melirik jam (eseh kurang sepuluh menit neh jemput anak anak paud), maka aktivitas pembelajaran berlanjut seperti biasa. “Baik, ibu ulangi lagi ya anak –anak, karena ibu mau jemput anak ibu, nanti kalian mencatat dulu materi dari halaman seratus sampai duaratus ya Nak, tolong jangan berkeliaran, jangan rebut, ketua kelas bantu amankan kelas selama ibu pergi ya dan sekretaris Ibu minta tolong jika ada yang ribut, berkeliaran dan tidak mencatat kamu laporkan dengan Ibu ya”. Setelah puas diri ini meninggalkan kelas dengan beberapa perintah maka kendaraan roda dua ini menuju sekolah paud si kecil. Beberapa ibu ibu sudah ramai di depan gerbang sekolah untuk menjemput buah hati mereka, tak beberapa lama, si kecil keluar dengan wajah murung
“adek kok murung, ada apa Nak “? Tanyaku lembut
“adek engga dapat bintang tiga dari bu gulu buuu” dengan logat cedalnya si kecil mulai mengadu,
“ohh, klo ibu yang kasih bintang di rumah boleh ya Nak, kita pulang dulu, nanti ibu dirumah kasih bintang banyak banyak, adek jangan murung lagi ya kita beli mobil pertamina nanti ya dek”
Anakku pun mulai ceria lagi, setelah sampai rumah, si kecil mulai mandiri ganti baju sendiri dan minta untuk nonton tv
“adek jangan nakal ya di rumah, ibu sekolah lagi ya, nanti ada mbak pur yang bikini susu adek”
Sepertinya ankku acuh dengan perkataan ibunya karena fokus dengan upin dan ipin yang ditontonya.
Perajalanan kembali aku lanjutkan ke sekolah,sampai di kelas sektetaris melaporkan bahwa si A, Z, X, O, P, Q, R, S, T, U, dan Y tidak menulis.
“Baik, Ibu terima laporanmu ya Nak, terima kasih ya”
“Oke anak anak ibu, setelah tugas catatn tadi selesai ibu minta tolong di papan tulis ini sudah ibu tampilkan ada beberapa kata yang berkaitan dengan materi hari ini, ayo siapa maju, cari dan lingkari kata kata yang kalian temukan, sekalian ini akan menjadi point penilaian Ibu hari ini ya Nak,”
Diluar ekspetasi saya siswa A, Z, X, O, P, Q, R, S, T, U, dan Y yang tidak menulis ternyata menemukan kata kata yang berhubungan dengan materi pembelajaran hari ini.
Entah ini mukjizat atau bagaimana siswa yang saya anggap tidak bisa mengerjakan kuis ternyata bisa walaupun belum tuntas. Hari ini saya belum bisa maksimal memberikan pembelajaran di kelas secara utuh, ada jeda untuk melakukan aktivitas lain, meninggalkan kelas. Semoga ketika saya belum bisa melakukan pembelajaran yang utuh, peserta didik bisa mandiri untuk melakukan kegiatan belajarnya, menjadi siswa yang sidiq, amanah, tabligh dan fatonah. Akhir kata, sampai saat ini saya belum bisa Mendampingi Murid Belajar dengan Utuh dan Menyeluruh , masih sibuk dengan kesibukan yang embuh, semoga lain kali bisa Mendampingi Murid Belajar dengan Utuh dan Menyeluruh, melakukan kegiatan belajar dan bermain dengan riang gembira, mencatat hal hal baik apa yang terjadi hari ini di kelas dan apa yang belum tercapai dari target pembelajaran hari ini. Semoga esok murid murid akan bertanya “Bu, besok kita belajar apa lagi?” amin.
Bengkulu Utara, 30 Mei 2023