Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Kepemimpinan Mahasiswa Pasca Covid-19

Kepemimpinan Mahasiswa Pasca Covid-19

Seminar Internasional Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bertajuk “Student Leadership Challenges After Covid-19” (Foto: Alida)

Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar seminar internasional bertajuk “Student Leadership Challenges After Covid-19”. Acara ini dilaksanakan di Ruang Amphitarium Kampus IV UAD dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube UAD pada Sabtu, 27 Mei 2023.

Hadir sebagai pembicara Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UAD Dr. Gatot Sugiharto, M.H., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia Cabang Kelantan Mr. Meer Zhar Farouk Amir Razli, dan Dr. David Dawson dari University of Gloucestershire (UoG) UK.

Pendidikan merupakan salah satu sektor yang paling terdampak oleh adanya pandemi Covid-19. Dan pendidikan sangat berkaitan erat dengan pelajar, mahasiswa, dan institusi pendidikan termasuk di dalamnya berbagai kegiatan belajar mengajar. Maka dari itu, acara ini diinisiasi sebagai media bagi UAD bersama dengan UiTM dan UoG untuk berdiskusi terkait dengan tantangan yang harus dihadapi para representasi mahasiswa sebagai bagian dari pemimpin di lingkungan universitas pasca Covid-19.

Gatot Sugiharto membuka kegiatan dengan menyambut dosen dan mahasiswa perwakilan dari UiTM yang menghadiri acara secara luring. “Kami bersyukur UiTM dan UAD memiliki hubungan yang baik bahkan sampai hari ini masih terus berkolaborasi untuk berbagai aktivitas, termasuk riset hingga pengembangan organisasi kemahasiswaan,” tuturnya.

Sementara itu, Mr. Meer Zhar Farouk Amir Razli juga turut mengungkapkan harapannya bagi kelanjutan kerja sama antara UiTM dan UAD ke depannya. “We hope so that today will be the first day that we can make more arrangements and more activities together. And I hope after this, students from UAD also will go to Kelantan and go to UiTM,” jelasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh masing-masing pembicara yang dimoderatori oleh Patria Handung Jaya, S.Pd., M.A. yang merupakan salah satu dosen UAD. (Lid)

uad.ac.id