Kamis, 28 Maret 2024
Perguruan Tinggi

LPP RRI Adakan Kegiatan Gerakan Cerdas Memilih

LPP RRI Adakan Kegiatan Gerakan Cerdas Memilih

Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Malang menggelar variety show bertajuk ‘Gerakan Cerdas Memilih’ (GCM) di Gazebo Corner Universitas Brawijaya (UB), Rabu (31/5/2023) untuk memberikan edukasi terkait pemilu terutama bagi generasi muda.
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa yang diwakili oleh staf Ahli Iswatun Khasanah M.Pd.,S.Pd., M.Ed.,Ph.D menyampaikan kegiatan ini untuk memberikan pendidikan terutama pada pemilih yang baru pertama kali ikut dalam pemilu.
“Di UB setiap tahun mahasiswa juga melaksankan kegiatan pemilu baik ditingkat Fakultas (PEMILWA) dan ditingkat Universitas (PEMIRA) untuk pembelajaran dan latihan pemilu,”kata Iswatun .
Kegiatan ini berlangsung selama tiga jam mulai dari live music, pertunjukan tari, hingga dialog interaktif. Untuk dialog interaktif yang bertemakan ‘Pemilih Cerdas untuk Pemilu Berintegritas’ menghadirkan tiga narasumber, yakni Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang Anis Suhartini, Ketua Bawaslu Kota Malang Alim Mustofa, dan akademisi UB Wawan Sobari.
“Harapannya setelah kegiatan ini, RRI sebagai radio publik bisa berkontribusi mencerdaskan calon pemilih untuk bisa menyampaikan hak pilihnya dalam Pemilu 2024 mendatang,” kata Kepala LPP RRI Malang, Muhsin Zein dalam sambutannya.
Menurutnya, kegiatan ini juga sebagai media edukasi politik yang sehat. Sehingga menumbuhkan kepedulian, keterbukaan dan pemahaman terhadap kondisi sosial masyarakat. Sehingga bisa membangkitkan etika politik serta tanggung jawab politik menuju insan politik yang santun.
“Kegiatan kali ini juga sebagai upaya mencegah tindakan golput bagi semua partisipan pemilu 2024, terutama bagi pemilih pemula,” tandasnya.
Acara ini melibatkan sedikitnya 150 mahasiswa UB. Sejumlah kegiatan juga mewarnai gerakan ini mulai dari live music, pertunjukan tari, kirab Pemilu 2024 bersama pertunjukan kostum unik, hingga dialog interaktif.