Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Podcast Perdana SMAN 3 Borong Warnai Hari Panen Karya Siswa

Memasuki penghujung semester, lembaga Civitas Akademika SMAN 3 Borong sebagai sekolah penggerak yang telah mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar, melakukan panen karya siswa pada Sabtu 3 Juni 2023.

Selain sebagai suatu kegiatan wajib di penghujung semester, panen karya siswa juga dilihat sebagai bentuk apresiasi sekolah terhadap karya dan kreativitas peserta didik.

Adapun karya kreatif siswa yang dipamerkan pada hari panen karya sangatlah beragam. Mulai dari Bose, sombu, onde-onde, perkedel keladi, stik pepaya, lemet, serabe, tape goreng, Kripik singkong, dan Marning jagung.

Disela-sela momentum panen karya, sebagai bentuk adaptasi sekolah terhadap perkembangan zaman yang dinamis, SMAN 3 Borong mengadakan podcast yang membahas tentang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Dalam podcast perdana yang dipandu oleh Bapak Paskalis Gencar, S.S itu, selain Bapak Kepsek SMAN 3 Borong, Ibu Wakasek Kurikulum, Kordinator DKP sekolah penggerak, pengajar Praktik dan Kordinator guru penggerak se-kabupaten Manggarai Timur sebagai narasumber, SMAN 3 Borong juga turut mengundang Bapak Tarsius Golo,SH.MH, selaku fasilitator sekolah penggerak sekaligus staf pengajar di Universitas Katolik Indonesia Satu Paulus Ruteng (Unika) sebagai narasumber podcast.

Dalam podcast tersebut, para narasumber saling membagi perspektif mereka masing-masing terkait sekolah penggerak, P5 dan penerapan P5 di SMAN 3 Borong.

Setelah podcast yang berdurasi hampir sejam itu selesai, para narasumber dan beberapa tamu undangan seperti Bapak Kepsek SMAN 2 Borong, Ketua MKKS Kabupaten Manggarai Timur sekaligus Kepsek SMAN 6 Kota Komba dan Bapak Kepsek SMAN 9 Borong disuguhkan berbagai pertunjukan seni dari peserta didik SMAN 3 Borong.

pementasn monolog dari seorang siswi

Ada pentas drama, Monolog dan lenggak-lenggok tarian rangkuk alu serta Danding. Semua atraksi seni tersebut berhasil membuat susana hening khas akademis menjadi ria riuh suara gelak tawa.

Setelah menyaksikan atraksi seni dari para siswa, para tamu undangan diarahkan ke stand untuk membeli produk P5 siswa SMAN 3 Borong.

Bapak Tarsius Golo bersama Bapak Kepsek dan Host saat prodcast