Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Perjalanan Tidak Biasa Pak Alvin Hadu di Kota Karang

Nana…siap pergi ambil ijasah di Kupang kah? Tanya ketua mkks kepada pa Alvin Hadu(kepsek SMAN 8 Borong, sekolah penggerak angkatan 2)

Tanpa pikir panjang, Nana Alvin langsung menjawab: siap 86 pak ketua.

Seiring dengan persiapan administrasi berupa hard kopi SK kelulusan, soft file dan surat tugas, tim mkks memastikan perjalanan ke Kupang tak ada masalah dan berjalan lancar. Serentak dalam waktu singkat semua berkas terkumpul dan sang kepsek energik ini gas poll menuju Kupang.

Tiba di Kupang dengan selamat. Perjalanan tidak biasa akhirnya dimulai. Keesokan paginya, Bapak Kadis, Linus Lusi rupanya sudah tahu Nana Alvin sudah berada di Kupang. Momentum terbaik mengitari urusan mkks SMA matim ini.

Seakan gayung bersambut dengan acara super ilmiahnya dari Bpk Kadis untuk menghadiri sidang senat terbuka yakni proses wisuda di salah satu perguruan tinggi di kota Kupang. Alvin, diajak secara tiba-tiba oleh Bpk Linus untuk mengikuti acara tersebut.

“siapakah aku ini sehingga aku diajak dalam giat super ilmiah ini oleh bapa kadis, demikian pertanyaan kecil di hati Nana Alvin.

“Bapak kepsek, kita ikuti acara pelantikan wisudawan di Hotel Aston ya'” demikian bapa kadis menyampaikan ke Alvin ketika sudah semobil dalam perjalanan.

Misi awal untuk membereskan administrasi pengambilan blanko ijazah sedikit tertahan. Namun perjalanan tidak biasa ini pada akhirnya memudahkan semuanya. Permintaan khusus bapa kadis untuk membereskan semua blanko ijasah dari SMA se-Manggarai Timur kepada stafnya menjadi cerita yang istimewa dalam perjalanan ini.

Kegesitan dan gerakan cepat, teman-teman di Dinas p dan K NTT, membereskan misi Alvin dinilai sangat istimewa dan sangat memuaskan. Kita syukuri itu semua.

Ini bukan perjalanan untuk cari muka, bukan perjalanan menuntut pembalasan setimpal, tapi ini bentuk penghargaaan yang sangat tinggi dari bapa kadis untuk mkks SMA Manggarai Timur. Bangga dan patut kita syukuri. Ini buah dari kekompakan, soliditas dan solidaritas kita para kepsek dalam menghidupi dinamika pendidikan di tingkat SMA. Ini patut dipertahankan dalam spirit gotong royong, maju bersama hebat semua.

Perjalanan tidak biasa tidak berakhir di hotel Aston. Kemurahan hati bapa kadis dan ibu Ija untuk memberikan mobil Innova kepada Alvin,tentu menjadi cerita tidak biasa lainnya selama berada di kota kupang.

” Pa Alvin, lu pakai mobil di rumah untuk urusan selama di Kupang,” demikian rentetan ke sekian kalinya perhatian dan dukungan bapa kadis untuk kita semua.

Hati kecil Nana Alvin, bersyukur karena kebaikan ini. Jadilah dia orang pertama yang bapa kadis ajak untuk momen spesial di kota Kupang dan penggunaan mobil pimpinan. Bangga tentu saja secara pribadi bagi Nana Alvin , menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita mkks SMA.

Kehadiran penuh kasih dari Ibu Ija dan Pak Hans dalam perjalanan kali ini menjadi cerita tersendiri. Jamuan sei babi untuk sang Alvin menjadi cerita lain yang patut disampaikan. Bahkan malam berikutnya, lagi lagi Nana Alvin diajak bapa Kadis untuk makan malam….luar biasa cerita ini. Kita semua bangga dengan ini semua.

Urusan pengambilan ijasah kali ini begitu special dan cerita perjalanan ini patut menjadi dasar refleksi yang berakhir pada seruan imperatif. Lakukan yang terbaik maka segala sesuatu akan ditambahkan kepadamu…sedikit berbau biblis teologis tapi kita semua mengamini seruan ini. Ini cerita Alvin dan cerita mkks SMA kita.

Sepenggal cerita kecil namun menjadi luar biasa untuk konteks kita, sebagai pemimpin pembelajaran di sekolah.

Perjalanan masih panjang dan kita tetap fokus di jalan ini, jalan yang penuh gairah intelektual dalam spiritualitas hamba bagi anak-anak kita.

Perjalanan ini biasa namun menjadi luar biasa ketika dijalani dengan hati dan penuh suka cita. Itulah sepenggal refleksi dari bapa Korwas kita, Lukas Sumba. Mentor sekaligus Bapa yang sulit dicari penggantinya.Beliau sudah menempatkan standar tertinggi,terbaik, dan terbaik selama menjalankan tugasnya menjadi korwas. Dan kita memetiknya di cerita ini!!!

Terima kasih Bapak Kadis P dan K Prov NTT, terima kasih Ibu Ija, terima kasih Pa Hans Bengu yang telah membuat semuanya menjadi indah dan penuh warna.

Terima kasih pa Alvin Hadu yang membuat cerita ini berakhir penuh senyum dan kegembiraan. Terima kasih kepada semua kepsek SMA se-Manggarai Timur, bapak dan ibu guru dan siswa siswi di sekolah kita masing masing.

Mari kita saling mendoakan dan sukses untuk kita semua

Kisol,akhir Mei 2023.
Salam mkks SMA yang keren

Ketua MKKS SMA Manggarai Timur