Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

UKMI Ar Rahman PTS Terbaik ASEAN Universitas Teknokrat Indonesia Gelar Kajian, Milah Smart Paparkan Tips Jadi Orang Sukses

UKMI Ar Rahman PTS Terbaik ASEAN Universitas Teknokrat Indonesia Gelar Kajian, Milah Smart Paparkan Tips Jadi Orang Sukses

Pada hari Kamis, 1 Juni 2023, Milah Smart, pendiri Mila Training Center, menjadi pembicara dalam seminar yang diadakan oleh UKMI Ar-Rahman PTS terbaik ASEAN Universitas Teknokrat Indonesia dengan topik “Menjadi Pemuda Islam Masa Kini”.

Acara yang diadakan di Masjid Asmaul Yusuf kampus tersebut berjudul “Semangat Pemuda Pemudi Islam Masa Kini”.

Baca juga : Mahasiswi UTI Sekar Kinasih Peserta Pertukaran Pelajar Internasional Berikan Tapis Lampung kepada Pejabat Kedubes RI

Puluhan peserta dari berbagai jurusan turut serta dalam acara tersebut. Tujuan dari kajian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang pemuda, Islam, dan kontribusinya terhadap negara.

Menurut Milah, pemuda merupakan sumber daya berharga dan unsur yang paling vital dalam suatu negara. Karena masa depan sebuah bangsa ditentukan oleh peran pemuda.

“Oleh karena itu, terdapat tiga tugas penting yang harus diingat oleh pemuda. Pertama, menjadi agen perubahan. Kedua, menjadi pengemban agenda perbaikan. Dan ketiga, berperan sebagai kontrol sosial,” ujar Milah.

Milah juga menambahkan bahwa terdapat tiga kunci menjadi seorang pemuda Islam masa kini yang bisa disingkat sebagai SMS.

Pertama, sangat penting untuk selalu menjaga akhlak, adab, dan etika. Mila menjelaskan bahwa akhlak merupakan cerminan dari keimanan, sementara adab dan etika merupakan hasil dari pendidikan dan interaksi.

Kedua, menjaga keimanan kepada Allah.

“Sebagai pemuda, kita perlu selalu menjaga kesucian diri dan hati, berkomitmen dalam beribadah, dan menyadari bahwa kita senantiasa diawasi oleh Allah SWT,” ujar Milah.

Ketiga, senantiasa meningkatkan kapasitas diri.

“Partisipasi dalam acara seperti kajian ini adalah upaya untuk meningkatkan kapasitas diri. Menekuni pembelajaran dengan tekun dan semangat hingga menjadi ahli di bidang yang ditekuni adalah suatu kewajiban bagi seorang pemuda,” ujar Milah.

Pada akhir presentasinya, ia mengajak semua peserta untuk selalu memanfaatkan setiap peluang yang ada.

“UKMI Ar-Rahman merupakan platform yang tepat bagi kita untuk terus memperoleh informasi dan memanfaatkan peluang yang ada. Di sini, kita dapat melatih kepemimpinan, kerja sama, organisasi, dan aspek lainnya. Semua ini akan menjadi bekal berharga bagi kita di masa depan,” demikian disampaikan olehnya.

UKMI Ar-Rahman merupakan salah satu organisasi mahasiswa yang aktif di dalam kampus Universitas Teknokrat Indonesia, yang juga merupakan PTS terbaik ASEAN.

Dr. H. Mahathir Muhammad SE, MM, Wakil Rektor, menyambut dengan positif adanya kajian yang bermanfaat seperti ini. Ia memberikan apresiasi kepada pengurus UKMI Ar Rahman atas penyelenggaraan kajian tersebut.

Baca juga : UKM Hindu Universitas Teknokrat Indonesia Juara Nasional Cover Lagu Rohani Jnana Dharma

Mahathir berharap bahwa kajian ini akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kapasitas mahasiswa, terutama bagi anggota UKMI ini. Selain itu, Mahathir juga berharap agar UKMI Ar Rahman semakin memberikan dampak yang besar dalam memperkaya kehidupan keagamaan di lingkungan kampus ini.

Terlebih lagi, menurut Mahathir, keberadaan masjid yang representatif ini sangat penting untuk menyelenggarakan kegiatan ibadah, seminar, atau kajian. Mahathir berharap agar manfaat dari Masjid Asmaul Yusuf ini dapat dirasakan oleh seluruh civitas akademika Universitas Teknokrat Indonesia.