Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Tim Robot ITS Dominasi Juara Kontes Robot Indonesia 2023 Wilayah II

Tim Robot ITS Dominasi Juara Kontes Robot Indonesia 2023 Wilayah II

Robot Vi-Rose ITS saat beraksi pada perlombaan kategori Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) di ajang KRI Wilayah II 2023

Kampus ITS, ITS News – Tim Robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menorehkan prestasi membanggakan di ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2023 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). Pada ajang bergengsi yang digelar secara daring ini, Tim Robotika ITS sukses mendominasi kompetisi di KRI 2023 Wilayah II yang berakhir pada Sabtu (3/6) lalu.

Tim ITS berhasil menyabet enam penghargaan sekaligus dalam tujuh kategori robot yang dilombakan selama tiga hari tersebut. Tujuh kategori lomba meliputi Kontes Robot ABU Indoneisa (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI), dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

Enam penghargaan yang berhasil diraih tim robotika ITS antara lain adalah Juara 1 KRSBI Humanoid oleh tim Ichiro, Juara 1 KRSTI oleh tim Vi-Rose, Juara 1 KRBAI oleh tim Banyubramanta, dan Juara 1 KRAI oleh tim oleh tim Risen. Kemudian disusul tim Rival yang memperoleh Juara 2 KRTMI, serta Juara 2 KRSBI Beroda oleh tim Iris.

Koordinator Tim Robotika ITS sekaligus pembina tim Ichiro ITS Muhtadin ST MT menyampaikan bahwa tim ITS telah mempersiapkan robot sejak tiga bulan sebelumnya. Tim Robotika ITS sendiri telah melalui banyak proses perlombaan mulai dari seleksi proposal, evaluasi penilaian dan laporan, dilanjut dengan visitasi secara daring oleh juri sebelum melaksanakan perlombaan.

Tim robot Ichiro ITS saat berlaga di ajang KRI Wilayah II 2023 untuk kategori Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid

Lebih lanjut, Muhtadin menambahkan bahwa tantangan terbesar tim Robotika ITS selama kompetisi adalah terkait evaluasi dari beragam hambatan di tahun sebelumnya dan harus dieksekusi pada tahun ini. Tiap tim merasakan kendala yang berbeda-beda, terutama pengembangan pada robot di kategori KRAI, di mana terdapat inovasi berupa ring yang harus dilemparkan oleh robot dengan sasaran sebuah tiang. “Sehingga kami melakukan berbagai variasi percobaan untuk menemukan metode yang tepat,” ungkap dosen Departemen Teknik Komputer, Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FTEIC) ITS ini.

Dengan keberhasilan yang diraih di KRI Wilayah II 2023 ini, menurut Muhtadin, Tim Robotika ITS berhak untuk berlaga dalam ajang KRI 2023 tingkat nasional yang akan diselenggarakan secara luring di Universitas Semarang (USM)pada tanggal 21 – 26 Juni 2023 mendatang.

Tim Vi-Rose ITS dengan robot besutannya saat mengikuti KRI Wilayah II 2023 kategori Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) secara daring

Melanjutkan ke ajang nasional, Muhtadin menegaskan bahwa Tim Robotika ITS akan berupaya meningkatkan performa robot berdasarkan hasil evaluasi dari KRI Wilayah II ini. “Untuk memaksimalkan waktu yang ada, kami mencoba melakukan simulasi perlombaan dengan menggunakan beberapa robot kami sebagai lawan,” terangnya.

Terakhir, Muhtadin berharap tim robot ITS bisa maksimal dalam mengoptimasi robot. Selain itu, ia juga sangat berterima kasih atas dukungan dari para sivitas akademika dan kemahasiswaan ITS, baik secara material maupun doa agar tim Robotika ITS bisa mempersiapkan robot dengan baik dan kembali mendapatkan prestasi terbaik di KRI tingkat nasional. “Semoga kami bisa mempertahankan Juara Umum KRI tingkat Nasional enam kali berturut-turut pada tahun ini,” tandasnya penuh harap. (HUMAS ITS)

 

Reporter : Nayla Maisun Nur Aqila