Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Seleksi Tahap 2 PMW UNJA: 81 Kelompok Mahasiswa Entrepreneur Melangkah Menuju Magang dan Kegiatan Wirausaha

Seleksi Tahap 2 PMW UNJA: 81 Kelompok Mahasiswa Entrepreneur Melangkah Menuju Magang dan Kegiatan Wirausaha

MENDALO,- Universitas Jambi (UNJA) melaksanakan kegiatan Pembekalan Magang Mahasiswa yang Lolos Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) UNJA Tahun 2023. Dilaksanakan secara hybrid di Ruang Senat Gedung Rektorat UNJA Mendalo, Senin (5/6/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc.; Ketua PMW UNJA, Prof. Dr. Shofia Amin, S.E., M.Si.; Kepala BAK UNJA, Dr. Yatno, S.Pt., M.Si.; serta Wakil Dekan III setiap fakultas dan para dosen pembimbing PMW 2023.

Ketua PMW UNJA, Prof. Dr. Shofia Amin, S.E., M. Si., menjelaskan laporan proses seleksi 81 kelompok yang lolos PMW 2023.

“Pertama-tama, selamat kepada mahasiswa yang lolos ke tahap 2 ini, kalian semua adalah mahasiswa-mahasiswa yang hebat. Penilaian semua proposal dilakukan oleh juri yang kompeten hasil rekomendasi semua Wadek dari seluruh fakultas. Penilaian didasarkan pada nilai rata-rata setiap dewan juri, maka keluarlah sebanyak 81 kelompok yang lolos. Dapat saya simpulkan bahwa mulai dari mahasiswa yang mengajukan proposal, dosen pembimbingnya, dan fakultasnya semua hebat-hebat karena bisa lolos dalam persaingan PMW ini,” ujar Prof Shofia.

Rincian 81 kelompok tersebut antara lain: FKIK 27 kelompok, FEB 25 kelompok, FST 12 kelompok, FKIP 6 kelompok, FAPET 5 kelompok, FAPERTA 4 kelompok, dan FH 2 kelompok. Ini merupakan hasil seleksi dari review awal yang berjumlah 115 kelompok.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc., menyampaikan bahwa proses seleksi PMW tahun ini dilaksanakan dengan benar-benar serius. Ini juga salah satu bentuk pengembalian uang mahasiswa kembali ke mahasiswa.

“Ini sudah masuk tahap final dan menjelang proses magang. Tahun ini benar-benar kita seleksi secara serius dan mahasiswa-mahasiswa yang akan membangun jiwa entrepreneurship. Magang ini akan langsung terjun ke tempat-tempat wirausaha sedang berlangsung. Kegiatan PWM ini merupakan upaya universitas mengembalikan uang mahasiswa ke dalam bentuk kegiatan pendanaan wirausaha,” ujar beliau.

“Bentuk keseriusan kami menggarap PMW ini adalah berdasarkan nilai yang bagus, untuk nilai yang tidak bagus tidak kami loloskan karena nantinya akan dilakukan review oleh Inspektorat, BPKP, dan sebagainya. Yakinlah bahwa apa yang mahasiswa sekalian lakukan hari ini akan punya banyak manfaat ke depannya,” pungkas Dr. Ir. Teja.

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS