Jumat, 19 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Persiapkan Tahun Ajaran 2023/2024, MAN 2 Sleman Gelar Penyusunan KTSP

Persiapkan Tahun Ajaran 2023/2024, MAN 2 Sleman Gelar Penyusunan KTSP

Sleman (MAN 2 Sleman)- Selama dua hari, MAN 2 Sleman menggelar penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun ajaran 2023/2024 pada hari Sabtu dan Senin (03 dan 05/05/2023) di Aula MAN 2 Sleman. 

Mengawali kegiatan, Kepala MAN 2 Sleman menyampaikan bahwa tahun ajaran baru mendatang, MAN 2 Sleman akan melaksanakan dua kurikulum yaitu kurikulum K-13 untuk siswa kelas XI dan XII serta Kurikulum Merdeka untuk kelas X. “Dua kurikulum ini harus kita laksanakan dengan baik untuk menghantarkan generasi kita menjadi generasi yang lebih baik di masa depan,” tuturnya. 

Lebih lanjut, Edi menyampaikan kurikulum bukan sekedar pelengkap, namun bagian dari ruh/semangat kita dalam proses pembelajaran. “Prinsipnya kita melayani siswa-siswi, agar siswa-siswi kita terlayani dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya. 

Sebelum kegiatan dilanjutkan, Waka Kurikulum Hj. Nur Syam’ah, M.Pd., menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan oleh masing-masing kelompok. “Bapak dan ibu silahkan mencermati beberapa hal dalam draft KTSP yang telah kita susun bersama, ada yang perlu direvisi atau tidak, perlu pembahasan yang cermat dan detail dari masing-masing kelompok,” jelasnya. 

Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi dari masing-masing kelompok. Setiap peserta menyimak dan memperhatikan dengan baik apa yang telah dipaparkan. Mulai dari bab pendahuluan, visi misi dan tujuan MAN 2 Sleman, struktur dan muatan kurikulum serta kalender pendidikan. 

Diskusi berjalan dengan aktif dan komunikatif. Beberapa peserta memberikan usul dan saran tentang draft yang dipresentasikan. Dengan musyawarah dan mufakat, diakhir kegiatan didapat keputusan-keputusan bersama yang telah disepakati forum. (Qoma)