Selasa, 23 April 2024
Perguruan Tinggi

SMP Darul Hikam Internasional School Kunjungi Prodi Pendidikan Matematika UAD

SMP Darul Hikam Internasional School Kunjungi Prodi Pendidikan Matematika UAD

Kunjungan SMP Darul Hikam Internasional School ke Prodi Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Istimewa)

Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menerima kunjungan rombongan SMP Darul Hikam Internasional School pada akhir Mei 2023. SMP tersebut merupakan salah satu sekolah unggulan yang berada di Bandung, Jawa Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi sekaligus berbagi pengetahuan matematika.

Dr. Puguh Wahyu Prasetyo, S.Si., M.Sc. selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Matematika membuka acara kunjungan yang berlangsung di Aula Masjid Islamic Center UAD. Kegiatan dilanjutkan dengan eksplorasi matematika di sekitar lingkungan Kampus IV UAD dengan menggunakan aplikasi MathCityMap (MCM) yang dipandu oleh dosen Pendidikan Matematika Afit Istiandaru, S.Pd., M.Pd. dan Vita Istihapsari, S.Pd., M.Pd.

Aplikasi MathCityMap merupakan sebuah platform pembelajaran matematika yang menggunakan peta dan lingkungan sekitar sebagai proses pembelajaran. Melalui MCM, siswa dapat mengeksplorasikan fakta, fenomena, dan permasalahan di sekitarnya. Seperti mengidentifikasikan bentuk bangunan, gedung bersejarah, objek-objek matematika yang bernilai budaya, dan lain sebagainya.

Para siswa sangat antusias mengeksplorasi matematika di Masjid Islamic Center, Museum Muhammadiyah, Bengkel Pembelajaran Matematika, hingga alam terbuka UAD. Dosen-dosen Pendidikan Matematika pun ikut antusias dalam memandu dan membersamai siswa-siswa.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian cenderamata dan dokumentasi bersama. Ilyas Nasrullah, S.Pd. selaku Wakil Kepala Urusan Kurikulum SMP Darul Hikam Internasional School berharap melalui kegiatan ini silaturahmi dan kerja sama antarkedua belah pihak dapat terus terjalin. (doc)

uad.ac.id