Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Prodi PGSD Unimed Gelar Perkemahan sebagai Project Mata Kuliah Kepramukaan

Prodi PGSD Unimed Gelar Perkemahan sebagai Project Mata Kuliah Kepramukaan

Dalam rangka Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) Kepramukaan yakni “Mengembangkan teknik Kepramukaan yang dapat terintegrasi dengan proses dan hasil pembelajaran di Sekolah Dasar” Prodi PGSD menggelar Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) yang diselengarakan pada 3 s.d. 4 Juni 2023 di Stadion Universitas Negeri Medan.

Kegiatan Perkemahan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa PGSD angkatan tahun 2020 atau semester VI yang memiliki kriteria lulus uji materi Kepramukaan dengan Jumlah 396 Mahasiswa. Dan dihadiri oleh Dosen PGSD diantaranya Ketua Jurusan Ibu Elvi Mailani, S.Pd., M.Pd., Sekretaris Jurusan PGSD Bapak Apiek Gandamana, S.Pd., M.Pd., Dosen Mata kuliah Bapak Khairul Usman, S.Si., M.Pd., dan Bapak Dr. Winara, S.Si., M.Pd.

Perkemahan Mata Kuliah Kepramukaan ini dilaksanakan dengan agenda kegiatan Penggalang pada hari sabtu yang terdiri dari pendirian tenda, penjelajahan yang meliputi pos-pos materi kepramukaan, apel kegiatan, kurvei tenda, dan malam puncak api unggun. Kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan siaga pada hari minggu dengan konsep permainan diantaranya dragon war, mission marking, dan kegiatan fun lainnya.

Kegiatan dibuka oleh dibuka oleh Sekretaris Jurusan PGSD Apiek Gandamana, S.Pd., M.Pd. mewakili Ketua Jurusan, dalam amanatnya disampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya pada mata kuliah Kepramukaan yang digagas Tim Dosen Bidang Keahlian Kepramukaan yang memperjuangkan agar mata kuliah ini dilaksanakan pada Prodi PGSD, kemudian juga kegiatan Perkemahan ini akan diagendakan setiap tahun, sebab selama kegiatan berlangsung seluruh mahasiswa secara langsung belajar kemandirian, bertanggung jawab, disiplin, bekerja sama, kreatif inovasi, dan semangat, dan ini benar-benar bekal yang relevan yang nantinya harus dijalankan pada saat menjadi Guru Sekolah Dasar, yang mana dikuatkan juga pada Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 yang menerangkan bahwa Kepramukaan merupakan ekskul wajib dijenjang sekolah dasar dan menengah. (Humas Unimed/eo)