Kamis, 18 April 2024
Perguruan Tinggi

Berikut Juara Cerdas Cermat Biologi Nasional 2023 di Unimed

Berikut Juara Cerdas Cermat Biologi Nasional 2023 di Unimed

HMJ Biologi UNIMED mengadakan grand final Cerdas Cermat Biologi Nasional 2023 secara luring di Aula Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Lantai 3 Gedung Syawal Gultom, Universitas.Negeri Medan (Unimed), Senin (05/06). Mengangkat tema, “Melatih Ilmuwan Muda Melalui Kompetisi Sains, Menuju Generasi Emas 2045′. Acara ini dimulai dengan laporan Ketua Panitia. (Iqbal Mustafa), kemudian dilanjuti Sambutan sekaligus membuka acara oleh Dekan FMIPA Prof. Dr. Fauziyah Hararap, M.Si, dan. penutup, waki Dekan Bidang.
Kemahasiswaan Dr. Rahmatsyah, M.Si.

Dalam sambutannya Dekan memberikan apresiasi yang tinggi kepada HMJ Biologi Unimed yang telah. kompak dan berhasil menggelar acara kompetisi cerdas cermat nasional tersebut, “kami berharap dengan adanya, kompetisi ini para mahasiswa mampu terus berkelaborasi dan mengembangkan kemampuannya, di bidang ilmu sains. Peserta yang mengikuti kompetisi ini merupakan calon pemimpin masa depan sehingsa mampu mengambil keputusan di masa depan. Dengan adanya cerdas, cermat ini semoga dapat melatih, skill yang dimiliki seiak dini. Setelah selesai menempuh, S1, S2, S3 dan seterusnya, diharapkan kepada Ananda untuk dapat meniadi ilmuwan muda yang memberi kebermanfaatan bagi masyarakat di masa depan”, tuturnya.

Kompetisi Cerdas Cermat Nasional diikuti oleh mahasiswa jurusan biologi dari beberapa Universitas yang ada di Indonesia seperti Universitas Majalengka, Universitas Samudra, Universitas Syah Kuala, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Islam Negeri Sumut, Univesitas Sumatera Utara, Universitas Jabal Ghafur, dan Universitas Negeri Medan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengasa pengetahuan dan melatih kemampuan yang dimiliki mahasiswa jurusan biologi. Sebanyak 45 tim yang mengikuti kompetisi ini, dari 45 tim tersebut 20 tim yang lolos ke babak semi final, selaniutnya, yang masuk ke babak grand final ada 6 tim. Kegiatan ini dimulai dari tanggal 26 Mei 2023 yaitu babak penyisihan, sementara itu pelaksanaan grand final di laksanakan pada tanggal 6 Juni 2023.

Dalam babak grand final 6 finalis tersebut berasal dan kampus Unimed 2 tim, 2 tim dari USU, 1 tim dan UPI, dan satu lagi dari Univ. Syah Kuala. 6 finalis tersebut diadu kembali dalam sesi wajib dan sesi rebutan. Persaingan berlangsung ketat dan antusiasme tidak hanya dirasakan oleh para peserta namun juga para Penonton yang sebagian besar merupakan mahasiswa. Beberapa juri yang menilai merupakan dosen biologi dari Universitas Negeri Medan dan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara yaitu Dr. Ashar Hasairin, M.Si., Dr. Hasruddin, M.Rd., Prof. Dr. Herbert Sipahutar, M.S., M.Sc., Dr. Diky. Setya Diningrat, S.Si., M.Si., Zahratul Idami, M.Sc.

Grand Final CCB Biologi 2023 ini melahirkan pemenang dengan juara I diraih oleh. Tim 33 dari Universitas Negeri Medan (Unimed), Juara 2 Tim 20 Universitas Negeri Medan, Juara 3 Tim 28 Universitas Sumatera Utara, Harapan 1 Tim 45 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Harapan 2 Tim 1 Universitas Sumatra Utara (USU), Dan Harapan 3 Tim 17 Universitas Syah Kuala
Turut hadir dalam acara pembukaan grand final Wakil Dekan I, II dan III, Dosen dilingkungan FMIPA, serta mahasiswa jurusan biologi dari berbagai Perguruan Tinggi. (Humas Unimed/Js)