Sabtu, 20 April 2024
Perguruan Tinggi

Pelaksanaan NUDC, Ajang Mengasah Mahasiswa dalam Berpikir Kritis

Pelaksanaan NUDC, Ajang Mengasah Mahasiswa dalam Berpikir Kritis

PRESS RELEASE

SERANG-Pembukaan National University Debating Championship (NUDC) sukses digelar di Auditorium Kampus Untirta, Sindangsari, Kabupaten Serang, Selasa, 6 Juni 2023. Rangkaian kegiatan ini akan terus bergulir sampai Minggu, 11 Juni 2023. Kegiatan ini pertama kali dilaksanakan luring pascapandemi.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala BPTI Asep Sukmayadi, S.I.P., M.Si., dan jajaran, Rektor Untirta Prof. Dr. Ir H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., (daring), Pj. Gubernur Banten yang diwakili oleh Sekdis Kominfo Provinsi Banten, Ketua Pelaksana Kegiatan Dr. H. Suherna, S.P., M.Si., dan tim serta para peserta kegiatan NUDC tahun 2023.

Dr. Suherna mengatakan, merupakan kebanggaan bagi Untirta sebagai tuan tumah NUDC dan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) yang akan berlangsung Agustus-September tahun 2023 mendatang.

“Kegiatan ini diikuti 112 universitas, tujuh wilayah dan 16 LLDIKTI dan sudah mewakili semua. Terima kasih karena Untirta sudah disemangati oleh BPTI, Puspresnas dan Kemendikbudristek. Alhamdulillah persiapan kami semakin baik, bagus, karena semua dilaksanakan dengan semangat. Adapun maskotnya dalam kegiatan ini adalah Crodas, hewan unggulan di Provinsi Banten yaitu badak cula satu. Ini merupakan kebanggaan bagi kita semua,” tuturnya.

“Kita berkolaborasi jadi sebuah kepanitiaan di NUDC dan KDMI ini. Tentu mari kita dorong talenta teman-teman mahasiswa dengan debat bahasa Inggris secara nasional ini,” ujarnya.

Kepala BPTI menuturkan, kegiatan ini adalah untuk mengaktualisasikan diri potensi dan prestasinya sehingga selain juga berkompetensi juga memberikan fasilitas untuk bertemu setelah sekian lama berkutat dengan daring.

“Saya merasa bangga dan bahagia mempertemukan adek-adek di Untirta, Banten. Kami juga sudah memasuki Auditorium Untirta ini dan mudah-mudahan Untirta terus berkembang dan berprestasi dan ini adalah sarana yang sangat membanggakan,” tuturnya.

“Tahun ini BPTI, Kemendikbudristek, telah menyiapkan 18 ajang talenta di tiga besar pengembangan talenta peserta didik sesuai dengan grand design Kemendikbudristek. Pertama soal riset, kedua seni budaya dan ketiga adalah bidang olahraga. Ini juga merupakan ajang pengembangan talenta yang kita selenggarakan dengan konsisten,” tuturnya.

Rektor Untirta Prof. Fatah mengungkapkan, ini adalah cara gotong royong dan ia yakin di ajang ini akan lahir tokoh-tokoh untuk mengisi era Indonesia emas 2045. “Saya yakin dari ajang ini ada yang menjadi sekjen PBB, masa depannya cerah, bisa jadi pimpinan di parlemen baik di DPR RI maupun DPRD di berbagai daerahnya masing-masing karena telah memiliki bekal berargumen dengan baik, dengan database yang baik dan santun dalam menyanpaikan argumentasi,” kata Prof. Fatah dalam sambutannya melalui Zoom karena sedang bertugas di Jerman.

“Agenda penting bagi mahasiswa untuk meningkatkan literasi yang sangat luas dan komprehensif sebagai dasar untuk melakukan argumentasi konstruktif, mengasah kemampuan kritis serta bisa menghasilkan solusi yang ditawarkan berbasis data,” tambahnya.

___________________________________________________________________________
Kantor Humas Untirta, Jalan Raya Palka Km. 3 Sindangsari, Pabuaran, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.
Hotline Humas Untirta: 62 822-9897-9737