Rabu, 24 April 2024
Sekolah Menengah Atas

SMA Muhiska Pengelenggara Upacara Hari Kelahiran Pancasila di Kantor Cabdin Wilayah 7 Jawa Tengah

SMA Muhammadiyah 1 Surakarta sebagai penyelenggara Upacara Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2023 di kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 7 Jawa Tengah. Kegiatan dengan tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global.”  Tagline “Aktualisasi Pancasila, Energi Pertumbuhan Indonesia.” (Kamis, 1 Juni 2023)

Upacara hari lahir Pancasila terasa berbeda karena petugas upacara adalah Guru da Karyawan SMA Muhammadiah 1 Surakarta. Mereka terdiri dari pemimpin upacara, MC, petugas menaikan bendera, komandan kompi, pembawa map dan petugas doa.

Upacara hari Lahir Pancasila dilaksanakan tepat pukul 07.00 di halaman kantor Cabdin wilayah VII  Jawa Tengah. Peserta berpakaian Adat. Pembina upacara adalah Sihana. Sebelum membacakan sambutan ucapan terimakasih dari Cabdin Wilayah VII  Jawa Tengah bahwa upacara hari ini  sangat bagus dan tidak ada yang keliru.

Setalah itu beliau membacakan sambutan Kemendikbudristek yang berisi bahwa,  tanggal 29 Mei s.d. 1 Juni 1945, para pendiri bangsa dalam Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) menyepakati bahwa Pancasila merupakan ideologi negara Indonesia. Dalam menyusun ideologi negara bangsa yang majemuk, Pancasila digali dari nilai luhur budaya bangsa di nusantara dan memiliki makna yang dinamis dan universal. Sebagai sebuah ideologi, Pancasila juga merupakan sebuah prinsip dalam menyelenggarakan pemerintahan Indonesia di segala zaman. Pancasila, hingga saat ini, tetap relevan di tengah dinamika. Prinsip-prinsip Pancasila perlu kita jaga dalam seluruh aktivitas negara.

Kemendikbudristek juga menyusun “Profil Pelajar Pancasila” yang menjadi perwujudan pelajar Indonesia sebagai pembelajar sepanjang hayat. Profil Pelajar Pancasila tersebut mengandung ciri utama, yakni :

  1. beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia,
  2. berkebinekaan global,
  3. bergotong royong,
  4. mandiri,
  5. bernalar kritis, dan
  6. kreatif

Penyelenggara negara yang merupakan lini terdepan dalam menjaga nilai-nilai Pancasila, khususnya dalam urusan pemerintahan di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Kegiatan upacara dalam link video yang dibuat dari Kantor Cabdin Wilayah VII,

https://www.instagram.com/reel/Cs_Nt2oAaWj/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==

Mari kita ber-Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global.