Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

Opening Ceremony SCU Career Fair 2023

Opening Ceremony SCU Career Fair 2023

Soegijapranata Catholic University (SCU) atau lebih dikenal dengan Unika Soegijapranata lewat Soegijapranata Student Career Center (SSCC) menyelenggarakan Opening Ceremony dalam rangka Pembukaan Unika Job Fair yang tahun ini hadir dengan nama baru, SCU Career Fair 2023. Sebelumnya juga pernah dikenal dengan nama Virtual Unika Job and Intership Fair yang diselenggarakan pada masa pandemi COVID-19.

Kegiatan yang diselenggarakan pada Selasa, 6 Mei 2023 ini dilaksanakan di Gedung Mikael Lantai 4, Kampus 1 SCU, Bendan dan diikuti oleh kurang lebih 50 mahasiswa tingkat akhir dan alumni SCU.

Upacara pembukaan ini juga dihadiri secara online oleh 25 perusahaan nasional maupun multinasional yang ikut berpartisipasi. 25 perusahaan tersebut antara lain Duniatex Group, PT Mega Akses Persada (Fiberstar), Restu Group, Orang Tua Group, PT Orbit Nasional Edukasi (ONE Indonesia), PT Nojorono Tobacco International, PT. Prym Intimates Indonesia, Central Group, PT. Nusantara Building Industrie, Nexa, Pura Group, PT. Lautan Luas Tbk, PT Indomarco Adi Prima, Alam Sutera Realty, Tbk, PT. SIba Surya, PT Global Loyalty Indonesia (Alfagift), PT Solo Murni (Kiky), PT Bina Karya Prima, KAP Leonard Mulia & Richard, PT Malindo Feedmill, Tbk, Bank HSBC, PT Media Sarana  Data (GMedia), PT. Nayati Indonesia, Honda Semarang Center, dan Bank BCA.

SCU Career Fair sendiri sudah banyak dikembangkan sejak pertama kali dilaksanakan pada 2002 lalu dan sejauh ini sudah 37 kali diselenggarakan. “Pusat karier (mahasiswa) itu bukan hanya dituntut dengan pelatihan dan pengembangan softskill,” ujar Yuliana Sri Wulandari, SE, selaku Kepala SSCC SCU. Hal ini karena SSCC mempunyai peran penting dalam menjembatani mahasiswa maupun alumni SCU untuk memasuki dunia kerja yang sebenarnya.

“Temen-temen gak sampe deh 6 bulan, mungkin sebelum diwisuda sudah kerja oke-oke saja. Nah, percepatan seperti ini yang kami terus menerus kerjakan bersama,” tegas beliau terkait arahan dari Dr. Ferdinandus Hindiarto, selaku Rektor SCU, “yok, ngopeni bocahe dewe, ayo kita rawat anak-anak kita sendiri.”

Sejalan dengan itu, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni SCU, Dr. Berta Bekti Retnawati menegaskan lewat SSCC, SCU dapat melakukan perbaikan serta pengembangan kepada para mahasiswa.

“Semoga para alumni kami dapat memenuhi kebutuhan para usher di sini (perusahaan),” tambah beliau terkait harapan kedepan diselenggarakannya job fair ini.