Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Pendidikan Matematika UTI Mewakili LLDIKTI II ke ONMIPA 2023

Mahasiswa Pendidikan Matematika UTI Mewakili LLDIKTI II ke ONMIPA 2023

Ema Oktariani, mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Matematika di Universitas Teknokrat Indonesia (UTI), berhasil menjadi perwakilan dari LLDIKTI II dalam kompetisi ONMIPA 2023.

Dosen pembimbing Nicky Dwi Puspaningtyas, M.Pd. mengungkapkan bahwa ini merupakan tahun kedua Ema berhasil lolos seleksi tingkat wilayah dan berhasil mencapai babak final.

Baca juga : Tim Robotika Universitas Teknokrat Indonesia Juara Kontes Robot Sepakbola Humanoid Wilayah I

ONMIPA adalah kependekan dari Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, yang merupakan salah satu kompetisi bergengsi yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Balai Pengembangan Talenta Indonesia, yang dibentuk oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan kompetisi baik yang bersifat akademik maupun non-akademik.

Harapannya, kompetisi ini akan terintegrasi secara menyeluruh dari tingkat pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Selain itu, tujuannya juga adalah untuk memenuhi salah satu kebijakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang terkait dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Sebagai implementasi dari MBKM, Dirjen Dikti Kemendikbudristek telah menetapkan Indeks Kinerja Utama (IKU) yang harus dicapai oleh perguruan tinggi. Salah satu IKU tersebut adalah memberikan fasilitas kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman di luar kampus, termasuk meraih prestasi dalam berbagai kompetisi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Baca juga : Universitas Teknokrat Indonesia PTS Terbaik Luar Pulau Jawa Versi Times Higher Education

ONMIPA-PT merupakan salah satu kegiatan yang berperan dalam mencapai prestasi mahasiswa tersebut.

Kompetisi ini akan memasuki babak final yang akan diselenggarakan pada tanggal 13-17 Juni 2023 di Institut Teknologi Bandung. Universitas Teknokrat Indonesia memberikan dukungan penuh dalam persiapan dan pelaksanaan perlombaan, dengan harapan Ema dapat meraih hasil terbaik.