Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Keren! Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Capai 1006 Publikasi Artikel Ilmiah

Keren! Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Capai 1006 Publikasi Artikel Ilmiah

(UINSGD.AC.ID)-Sejak 2020, Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung mendirikan Kelas Menulis yang bertujuan memberikan bantuan kepada mahasiswa dalam mengembangkan kapasitas keterampilan penulisan artikel ilmiah.

Pada awalnya para mahasiswa dilatih untuk menulis artikel ilmiah, latihan ini mengacu pada modul penulisan artikel sesuai template jurnal ilmiah. Kelas Menulis yang ada di Fakultas Ushuluddin juga melakukan pendampingan seputar penggunaan aplikasi manajemen pengutipan Mendeley, prosedur penulisan artikel, hingga tinjauan naskah artikel sebagai feedback (umpan balik).

Tidak sampai di situ, Kelas Menulis juga mendampingi peserta melakukan korespondensi dengan jurnal ilmiah. Sejak pengiriman artikel, pelaksanaan revisi hasil tinjauan reviewer, dan sampai upload ulang naskah hasil revisi ke jurnal ilmiah.

Per tanggal 6 Juni 2023, publikasi ilmiah mahasiswa Fakultas Ushuluddin telah mencapai 1006 artikel. Angka yang tentu tidak mudah untuk dicapai bukan?

Semoga prestasi membanggakan ini menjadi motivasi bagi civitas akademika terutama kalangan mahasiswa untuk meningkatkan kapasitas dalam kepenulisan. ☺️????????