Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Dasar

PKKM 2021 Berjalan Lancar, Program Unggulan MI Sananul Ula Daraman Jadi Sorotan

PKKM 2021 Berjalan Lancar, Program Unggulan MI Sananul Ula Daraman Jadi Sorotan

Sabtu 20 November 2021, telah terlaksana PKKM (Penilaian Kinerja Kepala Madrasah) di MI Sananul Ula dengan tim penilai Abdurrahman S.Ag. M.Pd. dan H. Syamsudin S.Ag., MA. selaku pengawas dari Kemenag Kabupaten Bantul. Rencana awal, acara ini akan diagendakan pada hari Selasa 16 November namun bersamaan dengan ANBK siswa-siswi kelas V. Atas arahan dari pengawas, agar semua dapat berjalan maka dilaksanakanlah PKKM pada hari Sabtu 20 November. Acara yang dimulai pukul 09.00 dan selesai pada pukul 12.00 ini dihadiri sejumlah 32 guru/karyawan MI Sananul Ula. Adapun rangkaian acaranya dimulai dengan pembukaan, menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, sambutan dan penyampaian sedikit gambaran MI Sananul Ula Daraman oleh Ridwan S.E., selaku Kepala Madrasah, sambutan dari tim penilai oleh Abdurrahman S.Ag. M.Pd., dilanjutkan menyanyikan lagu Bagimu Negeri, lalu penutup. Selanjutnya dilakukan penilaian di ruangan khusus yang sebelumnya telah disiapkan bukti-bukti fisik yang akan ditinjau dan dinilai oleh tim penilai.

Dalam sambutannya, bapak Ridwan mengungkapkan bahwa banyak hikmah yang dirasakan dalam persiapan PKKM ini, diantaranya semangat untuk berbenah dan lebih baik dalam pengelolaan madrasah dan tertib administrasi. Beliau juga menyampaikan tiga program unggulan yang dimiliki oleh MI Sananul Ula yang ketiganya sudah legal dan diakui pemerintah, yakni pondok pesantren, Madrasah Diniyah, dan LPQ. Hal tersebut mendapat dukungan dari tim penilai. Dalam sambutannya, bapak Abdurrahman mengungkapkan harapannya dari ketiga program unggulan tersebut untuk selalu dijaga dan ditingkatkan.

Adapun aspek-aspek yang dinilai dalam PKKM ini meliputi kepribadian dan sosial, usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi kepada guru dan tugas kependidikan, serta kinerja kepala madrasah. Penilaian berjalan dengan lancar dan tertib atas kerja sama bapak ibu guru dan karyawan. Sebelum acara berakhir, bapak Syamsudin mengungkapkan bahwa hasil dari penilaian bukti fisik secara keseluruhan sudah bagus. Namun ada sedikit catatan untuk dapat diperbaiki. Khususnya, untuk program-program unggulan MI Sananul Ula Daraman perlu dibukukan sendiri, yang meliputi nama program, tujuan, pelaksanaan, dan anggaran.