Rabu, 24 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Guru Tamu Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak Tahun 2021

Jakarta, http://smkperguruancikini.sch.id Dalam rangka tercapainya program SMK Perguruan Cikini sebagai salah satu instansi pendidikan vokasi, maka berbagai upaya program dilaksanakan untuk mencapai tujuan tersebut. Selain Praktik Kerja Industri yang wajib diikuti oleh siswa kelas XI, terdapat satu kegiatan yang dilaksanakan SMK Perguruan Cikini bagi siswa/i yang biasa disebut dengan kegiatan “Guru Tamu”

Seperti namanya, kegiatan ini akan mengundang para pemateri “expert” di bidangnya yang dihadirkan langsung dari industri. Hal ini dirasa sangat tepat dan menarik karena pemateri dapat menyampaikan materi sekaligus berbagi pengalaman langsung di industri mereka bekerja. Kegiatan ini memiliki berbagai tujuan dan manfaat, di antaranya adalah dapat membuka wawasan siswa mengenai dunia industri yang ingin digelutinya, melengkapi pengetahuan yang telah didapatkan di sekolah, hingga memperoleh peningkatan sistem pendidikan di sekolah yang sesuai dengan industri.

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak mengadakan kegiatan Webinar dan Workshop “Guru Tamu” dengan tema Mewujudkan Peserta Didik Inspiratif untuk Membentuk Karakter Generasi Muda Berprestasi dan Kompeten dalam Dunia Industri” yang mendatangkan dua developer dari Accelbyte dan Awanio.

Kegiataan pertama yaitu Webinar dengan judul “How To Be Developer In Programming Industry?” dilaksanakan secara daring pada hari jumat, 27 November 2021 menggunakan zoom meeting dari pukul 13.00-15.00 WIB. Sharing ini bertujuan untuk membuka wawasan siswa/i Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak tentang dunia industri pemrograman, teknologi dan bahasa yang banyak digunakan oleh programmer di industri. Materi dibawakan oleh Ka Mukhtar Fauzi dari Awanio.

Kegiatan kedua dilaksanakan secara offline di SMK Perguruan Cikini dengan pembicara yang berlatar belakang dari industri pemrograman. Pembicara berasal dari perusahaan AccelByte multinasional yang berkantor di US, Canada dan Yogyakarta. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari sabtu, 27 November 2021 mulai pukul 09.00 – 13.00 WIB dengan materi “Finding Pokemon With Reac JS”. Peserta yang mengikuti kegiatan ini yaitu siswa/i kelas X dan XI jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dengan total 73 siswa.

Penulis : Mentari Diyah Utami