Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Keunggulan SMK

Keunggulan SMK

Para lulusan pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang akan melanjutkan ke sekolah umum akan dihadapkan pada dua pilihan, memilih melanjutkan ke SMA atau memilih melanjutkan ke SMK.

Baik SMA mau pun SMK, keduanya pasti memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing. Namun, mengingat sekarang persaingan ekonomi global yang semakin ketat maka pilihan untuk melanjutkan sekolah di SMK pun semakin meningkat.

Beberapa keunggulan dari sekolah SMK antara lain :

  1. Para lulusan SMK nantinya siap untuk memasuki dunia kerja, karena pada pendidikan SMK siswa dibekali dengan keahlian khusus baik secara teori, teknik maupun praktek sesuai program keahlian yang dipilih. Di SMK, teori dan teknik langsung dipraktekan dimana porsi praktek lebih besar dari pada pemberian materi.
  2. Sekolah-sekolah SMK biasanya telah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan, sehingga terdapat peluang untuk dapat disalurkan kepada perusahaan yang telah bekerja sama tersebut ketika mereka membutuhkan tenaga kerja.
  3. Di sekolah SMK, para siswa semester akhir akan merasakan yang namanya PKL atau Praktek Kerja Lapangan atau magang pada suatu perusahaan.
  4. Para lulusan SMK dengan bekal keahlian yang dimiliki memiliki peluang untuk membuka usaha sendiri atau menciptakan lapangan kerja secara mandiri. Bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa usaha yang dibuka akan membuka lapangan kerja bagi orang lain.
  5. Setelah lulus SMK dan ingin melanjutkan pendidikan selanjutnya atau kuliah, maka akan merasakan kemudahan ketika mengambil program atau jurusan yang sama.

Nah itulah 5 keunggulan sekolah SMK, ayo sekolah di SMK karena SMK Bisa-SMK Hebat

Share this via: