Rabu, 24 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Pelepasan Siswa Prakerin

Pelepasan Siswa Prakerin

www.smkn1sanggau.sch.id – Bertempat di halaman gedung SMK Negeri 1 Sanggau hari ini, Jum’at 31 Januari 2020, sebanyak 237 siswa kelas XI dari 4 Kompetensi Keahlian dilepas secara resmi oleh Kepala SMK Negeri 1 Sanggau, Alimin, S.Pd, untuk memulai melaksanakan Praktek Kerja Industri (Prakerin) dalam rangka pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang diterapkan di Pendidikan SMK.

Hari sebelumnya, Kamis (kemarin) seluruh siswa peserta Prakerin sudah mendapat pembelakan di masing-masing kelas oleh guru pembimbing, tentang pengisian buku jurnal kegiatan dan juga masalah etika di dunia kerja

Seperti diketahui bahwa SMK merupakan sekolah kejuruan yang mewajibkan seluruh siswanya untuk belajar di dua tempat yaitu sekolah dan dunia kerja. Hal ini bertujuan untuk melatih siswa dalam mengimplementasikan ilmu-ilmu yang dipelajari di sekolah secara teori akan dipraktekkan secara nyata di dunia kerja, juga untuk mendapatkan pengalaman lebih sebagai bekal setelah menamatkan pendidikan di SMK.

Dalam laporannya Ketua Pokja PSG, Arwan S.Pd. menyampaikan jumlah seluruh siswa yang akan melaksanakan Prakerin mulai Senin, 3 Februari 2020 sebanyak 237 siswa dari 4 Kompetensi Keahlian (Jurusan, red), di 74 dunia kerja/institusi pasangan yang terdiri dari Kantor Pemerintah, Lembaga Keuangan Bank, BUMN, Koperasi/CU dan Bisnis Ritel yang tersebar di Kabupaten Sanggau, Sekadau dan Sintang.

Kepala Sekolah dalam sambutannya menyatakan, bahwa pada prinsipnya semua siswa harus tetap menjaga nama baik diri sendiri, keluarga maupun sekolah. Kegiatan Prakerin ini merupakan kegiatan untuk menimba ilmu di luar sekolah dalam mengimplementasikan ilmu-ilmu teori yang didpat di sekolah untuk dipraktekkan di dunia kerja sebagai awal pengenalan dengan dunia kerja, lanjutnya.

Kegiatan Prakrein ini mulai Senin, 3 Februari 2020 sampai 4 April 2020 dan melibatkan 38 guru pembimbing yang akan mengantar siswa di hari pertama dan memonitor kegiatan di lapangan setiap bulannya.