Kamis, 25 April 2024
Sekolah Dasar

SDI Darul Mu’minin dalam Program Sekolah Adiwiyata tingkat Kota Tangerang

SDI Darul Mu’minin dalam Program Sekolah Adiwiyata tingkat Kota Tangerang

Dalam rangka meningkatkan fasilitas dan fungsi sekolah. Alhamdulillah SDI Darul Mu’minin terpilih menjadi salah satu sekolah yang mengikuti program Sekolah Adiwiyata tingkat Kota Tangerang. Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan serta memiliki program nyata untuk mengintegrasikan pelestarian lingkungan dalam kegiatan belajar-mengajar, atau istilah kerennya adalah green school.

Program sekolah Adiwiyata ini juga termasuk dalam Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) yang mana pengertian dasarnya adalah aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidupuntuk mewujudkan dua hal. Pertama, perilaku warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup. Kedua, peningkatan kualitas lingkungan hidup.

adapun beberapa tujuan sekolah Adiwiyata yang perlu dipahami, di antaranya:

Mewujudkan masyarakat sekolah yang lebih peduli dan berbudaya dalam lingkungan. Hal ini dapat dilakukan dengan menciptakan kondisi sekolah yang lebih baik lagi untuk menjadi wadah pembelajaran. Selain itu, sekolah Adiwiyata juga bertujuan untuk membuat warga sekolah lebih sadar akan lingkungan sekitarnya demi terciptanya upaya pelestarian lingkungan.
Mendorong serta mendukung sekolah untuk melestarikan lingkungan hidup dalam pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan demi kepentingan generasi yang akan datang.
Meningkatkan efisiensi penggunaan dana operasional sekolah melalui penghematan dan juga pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya serta energi.
Tujuan sekolah Adiwiyata yang terakhir adalah meningkatkan upaya untuk melindungi serta mengelola lingkungan hidup melalui kegiatan pengendalian pencemaran, kerusakan, serta pelestarian fungsi lingkungan di sekolah.

Secara umum, kurikulum pembelajaran pada sekolah adiwiyata adalah sama dengan mayoritas sekolah lain sesuai jenjang pendidikannya. Hanya saja, green school ini memiliki beberapa program spesifik yang berhubungan dengan pelestarian lingkungan, seperti:
Penjadwalan piket kelas harian.
Program jumat bersih, yaitu melakukan kegiatan pelestarian lingkungan sekolah, seperti membersihkan selokan di sekolah, memelihara kebun bunga, menanam bibit sayur, mengolah limbah, dan lain-lain sesuai jadwal yang ditetapkan.
Ekstrakurikuler lingkungan, yakni program di luar kegiatan belajar-mengajar yang dilakukan satu minggu sekali dengan melakukan kegiatan berbasis lingkungan, seperti menanam, memelihara, dan mengelola lingkungan sekolah.
Adanya fasilitas berbasis lingkungan, seperti taman toga sekolah, kolam ikan, hutan sekolah, atau green house.
Terdapat pengelolaan sampah, baik untuk membuat kompos maupun dialihfungsikan menjadi karya seni.
Melakukan penghematan sumber energi, seperti air dan listrik, dengan minimal menempel stiker imbauan di dekat keran air atau saklar listrik.

Semoga dengan ikut sertanya SDI Darul Mu’minin dalam program ini, semakin banyak manfaat yang dapat diberikan sekolah kepada seluruh masyarakat sekitar khususnya kepada warga sekolah serta menunjang pembelajaran yang baik dan efektif demi kelangsungan hidup lingkungan yang asri dan nyaman