Story dari PURWAKARTA

Sekolah Menengah Pertama

PEMBIASAAN MEMBAWA TUMBLER DAN MISTING

SMPN 1 Plered – Hari ini (Senin, 8 Nopember 2021), SMPN 1 Plered – Purwakarata. Melaksanakan implementasi dari Pendidikan Karakter, yaitu salah satunya siswa diwajibkan membawa Tumbler dan Misting (tempat nasi) dari rumah.Kegiatan ini akan dilakansanakan setiap hari dan siswa maupun guru diwajibkan membawanya, tanpa terkecuali dengan bertujuan untuk menanamkan kemandirian, sehat, rasa tangung jawab, ekonomis dan ramah lingkungan.

Sekolah Menengah Pertama

Hari Santri Nasional

SMPN 1 Plered – Hari ini (Jum’at, 22 Oktober 2021), SMPN 1 Plered – Purwakarata memperingati Hari Santri Nasional 2021Filosofi kegiatan hari ini adalah “Siaga Jiwa Raga juga merupakan komitmen seumur hidup santri untuk membela tanah air yang lahir dari sifat santun, rendah hati, pengalaman, dan tempaan santri selama di pesantren,” .

Sekolah Menengah Pertama

Workshop Tatanen di Bale Atikan – TdBA

SMPN 1 Plered – Hari ini (Senin, 1 Nopember 2021), SMPN 1 Plered – Purwakarata. Melaksanakan Workshop TdBA selama 4 hari kedapan, dimulai dari tanggal 1 – 4 Nopember 2021.

Sekolah Menengah Pertama

Pembuatan Kanjut Kundang

SMPN 1 Plered – Hari ini (Rabu, 27 Oktober 2021), SMPN 1 Plered – Purwakarata Melaksanakan Praktek pembuatan Kanjut Kundang oleh siswa dan siswi dan dibimbing oleh Guru.

Sekolah Menengah Pertama

Pengumpulan Beas Perelek / Kaheman

SMPN 1 Plered – Hari ini (Rabu, 27 Oktober 2021), SMPN 1 Plered – Purwakarata Melaksanakan pengumpulan Beas Perelek / Kaheman dari, oleh untuk siswa.

Sekolah Menengah Pertama

Penyerahan Bintang Karakter

SMPN 1 Plered – Hari ini (Rabu, 27 Oktober 2021), SMPN 1 Plered – Purwakarata Menyerahkan Bintang Karakter kedpada siswa Terbaik. Kegiatan ini bertujuan untuk memacu siswa lainnya untuk berkompetensi dengan siswa lainnya untuk menjadi lebih baik lagi.

Sekolah Menengah Pertama

LDKS – SMPN 1 Plered

SMPN 1 Plered – Hari ini (Sabtu, 9 Oktober 2021), SMPN 1 Plered – Purwakarata melaksanakan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) OSIS SMPN 1 Plered merupakan kegiatan pembelajaran peserta didik yang terpilih menjadi pengurus OSIS dimana pengurus OSIS mendapatkan materi-materi tentang kepemimpinan dan keorganisasian. Kegiatan ini merupakan bekal awal OSIS untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun dan menjalan kegiatan OSIS, kegiatan LDKS merupakan hal yang tepat dalam rangka mewujudkan, menghasilkan dan mengembangkan multi skill yaitu kemandirian, kebersamaan, kerja sama tim dan kecakapan sekaligus memperluas wawasan peserta didik.

Sekolah Menengah Pertama

Pelaksnaan AKM

SMPN 1 Plered – Hari ini (Rabu, 13 – 14 Oktober 2021), SMPN 1 Plered – Purwakarata melaksanakan Asesmen Komeptensi Minimum , yang dimana AKM ini diikuti oleh siswa kelas 8.Pengertian AKM : Assessment Kompetensi Minimum (AKM) adalah penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM: literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Baik pada literasi membaca dan numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah serta mengolah informasi. AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekedar penguasaan konten. Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat. Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia. Penulis : Pipin Zaenal Arifin