Story dari KOTA BLITAR

Sekolah Menengah Pertama

SMPN 4 dalam Menari Jaranan Estafet dan Barongan Kucingan 2023

Pemerintah Kota Blitar menggelar Pagelaran Menari Jaranan Estafet Pawai 1117 Barongan Kucingan sekaligus pemecahan rekor Muri. Pagelaran ini dilaksanakan pada tanggal 27 hingga 29 Mei 2023. Pembukaan pagelaran dilaksanakan di Monumen PETA oleh Wali Kota Blitar. Pagelaran ini merupakan upaya pemerintah untuk menguri-uri budaya daerah, khususnya kelestarian jaranan dan barongan. Hari Kedua, 28 Mei 2023 pagelaran dilaksanakan juga di halaman monumen PETA. SMPN 4 berpartisipasi dengan mengeluarkan penampilan jaranan dan barongan dari Sanggar Tari SMPN 4 yaitu Sanggar Obah Mawa Rasa. Anak-anak menampilkan performa tari dengan indah dan energik. Hari ketiga, 29 Mei 2023 pagelaran pagi hari dilaksanakan di monumen PETA dan pada malam hari dilaksanakan pawai Barongan yang dimulai dari BRI dan finish di aloon-aloon. Atraksi barongan dilaksanakan di aloon-aloon kota Blitar. Tim barongan sebayak 13 siswa turut memeriahkan pawai dan atraksi. Melalui kegiatan ini anak-anak merasa bangga karena potensi tergali dan disalurkan dengan baik, selain itu bisa melestarikan kebudayaan daerah. Kaum muda pelestari budaya bangsa.“Beksan jiwa, obahing raga, iliring rasa, sukma sukma sesuka puja”

Sekolah Menengah Pertama

Pondok Ramadhan

Ramadhan adalah bulan penuh berkah, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu. Pada bulan Ramadhan terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Pondok Ramadhan di SMPN 4 Blitar dilaksanakan pada tanggal 27 Maret hingga 1 April 2023 secara bergantian, Senin hingga selasa, kelas 9 melaksanakan pondok ramadhan di sekolah, sementara kelas 7 dan 8 daring. Rabu hingga kamis, kelas 8 melaksanakan pondok ramadhan di sekolah, kelas 7 dan 9 daring. Jumat hingga sabtu, kelas 7 melaksanakan pondok ramadhan di sekolah, kelas 8 dan 9 daring. Sebelum memulai kegiatan, para siswa bersama-sama membaca asmaul husna dan mengaji. Siswa belajar mendalami ilmu makhorijul huruf dan tajwid, menghafal doa, pengetahuan seputar puasa, hafalan surat pendek, melancarkan bacaan sholat dengan didampingi para Ustadz dan Ustadzah dari LPQ Thoriqoti Pesantren Al-Muhafidhah Dawuhan. Adapun siswa yang melaksanakan pondok ramadhan secara daring, mendapatkan tugas dari guru agama masing-masing dan dikerjakan di buku tulis yang telah disediakan sekolah, dan dikumpulkan ke guru agama masing-masing. Tujuan dari kegiatan pondok ramadhan adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa serta melatih siswa beribadah dan melakukan kegiatan yang bermanfaat.

Sekolah Menengah Pertama

Gelar Karya dan Pameran Seni Budaya

Pada hari Senin, 20 Maret 2023, SMPN 4 Blitar menyelenggarakan kegiatan Gelar Karya P5 Kelas 7 dengan tema Bhinneka Tunggal Ika bertajuk “Bersatu Dalam Ragam Karya Nusantara”, serta Pameran Seni Budaya Eka Nuswapada. Gelar karya ini menampilkan kreativitas siswa mulai dari fashion show baju adat, tarian daerah, lagu daerah, dan rumah adat di Nusantara. Setiap kelas mengupas kekhasan tiap daerah. Kelas 7A Bali, kelas 7B Sumatra Selatan, 7C Jawa Timur, 7D Sulawesi Utara, 7E D.I Yogyakarta, 7F DKI Jakarta, 7G Kalimatan Barat, 7H Nusa Tenggara Timur, dan 7I Irian Jaya. Mereka memamerkan karya mereka di stand-stand tiap kelas yang dihias sesuai daerahnya masing-masing. Kegiatan Gelar Karya dihadiri oleh Bapak Samsul Hadi, S.Pd.,M.T. selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar, Bapak Kabul Winarto, S.Pd., M.Pd.I selaku Fasilititator Sekolah Penggerak Angkatan 2, Bapak Ibnu Kharis, S.Sos selaku Kabid Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan Kota Blitar, Bapak Drs. Muklas, M.Pd., selaku pengawas pembina SMPN 4 Blitar, serta sejumlah Kepala Sekolah Penggerak di SDN dan TKN Kota Blitar. Kreativitas siswa dalam gelar karya tersebut tentunya hasil belajar selama kegiatan projek. Gelar Karya ini juga merupakan wadah siswa untuk mengimplementasikan elemen dan tema dari p5, diantaranya siswa belajar bergotong royong merencanakan pagelaran, berfikir kritis dan kreatif dalam […]

Sekolah Menengah Pertama

Festival Batik Blitar Keren 2023

SMPN 4 Blitar berpartisipasi dalam acara pembukaan Festival Batik Blitar Keren 2023 di Istana Gebang. Acara ini dibuka dengan tarian Puspa Dahana Patria oleh tim tari SMPN 4 Blitar. Tentu saja tarian ini merupakan hasil kolaborasi antara SMPN 4 Blitar dan Kampoeng Cyber berdasarkan kajian dan pengembangan motif batik kota Blitar yaitu batik Puspa Dahana. Selain itu tim tari SMPN 4 Blitar juga mempersembahkan tari Sarinah. Dalam sambutannya, Bapak Wali Kota Blitar menyampaikan bahwa batik merupakan warisan dari nenek moyang yang berharga dan telah diakui oleh UNESCO. Oleh karena itu diharapkan seluruh masyarakat Blitar cinta dengan batik yang merupakan produk unggul dalam negeri. Siswa SMPN 4 Blitar juga terlibat dalam 117 meter membatik yang merupakan serangkaian acara dari Festival Batik Blitar Keren 2023. Karya yang dihasilkan berupa goresan kontemporer ikon Kota Blitar. Dengan mengikuti acara ini diharapkan para generasi bangsa dapat meningkatkan rasa cinta terhadap warisan para leluhur bangsa. Mari berbangga atas kekayaan nusantara! (Orienda Wulansari, S.Pd)

Sekolah Menengah Pertama

Puisi Jika Aku Angin

Karya Lucky Figo Jika aku adalah terang, maka aku akan menerangi seisi bumi layaknya matahari Jika aku adalah gelap, maka aku akan menghilang dan membiarkan terang mengisi hari di bumi Jika aku adalah waktu, maka aku akan menghakimi siapapun yang menyia-nyiakan aku Jika aku adalah angin, maka aku akan terus terbang menghembuskan kedamaian sampai waktuku tiba Jika aku adalah awan, maka aku akan terus membesar dan melindungi umat manusia dari teriknya matahari..

Sekolah Menengah Pertama

Peringatan HPSN SMPN 4 Blitar

Peringatan HPSN (Hari Peduli Sampah Nasional) diperingati setiap tanggal 21 Februari, yang mengingatkan semua pihak bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama. Upaya penanganan dan pengolahan sampah harus melibatkan seluruh komponen masyarakat baik pemerintah pusat maupun daerah. Peringatan HPSN  kini telah menjadi milik masyarakat, karena pemerintah daerah dan komunitas hingga dunia usaha telah turut serta melakukan berbagai kegiatan dalam rangka peringatan HPSN dengan caranya masing- masing. Puncak peringatan HPSN di SMPN 4 Kota Blitar dilaksanakan pada hari Jumat, 23 Pebruari 2023. Dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah dengan membagi beberapa kelompok kerja dalam pengelolaan sampah dan lingkungan. Siswa siswi kelompok satu didampingi bapak/ ibu guru melakukan pilah sampah Koran di perpustakaan. Disana anak- anak dan bapak ibu/guru dengan semangat memilah sampah Koran untuk nantinya kedepan bisa dimanfaatkan sebagai kerajinan sekolah seperti membuat patung kertas Koran maupun baju fashion show berbahan Koran. Kelompok dua siswa siswi bersama bapak/ibu guru pendamping melakukan pilah sampah di tempat sampah. Dimana untuk sampah daun di bawa ke mesin pencacah daun guna dijadikan kompos daun yang bermanfaat untuk kesuburan tanah dan tanaman di kawasan sekolah maupun masyarakat yang membutuhkan. Selanjutnya kelompok tiga bertugas untuk melakukan penanaman sekaligus perawatan poho di sekitar lingkungan sekolah agar tercipta lingkungan hijau […]

Sekolah Menengah Pertama

Linimasa SMPN 4 Blitar

Edisi kedua sudah terbit lo, yuk berliterasi.. https://online.anyflip.com/xtjzo/npba/mobile/