Story dari MANGGARAI TIMUR

Sekolah Menengah Atas

SMAN 3 Borong Adakan Sosialisasi Revisi Visi Misi bersama Orang ...

Sman3borong.sch.id- Lembaga Civitas Akademika SMAN 3 Borong pada Kamis, 19/10 mengadakan sosialisasi revisi visi misi bersama orang tua murid di sekolah. Tujuan dari kegiatan ini tentunya sebagai wadah silaturahmi dan koordinasi antara orang tua siswa (kelas X – XII) dengan pihak komite SMAN 3 Borong untuk bersinergi mendukung program-program kerja sekolah dan komite sekolah selama 1 tahun yang akan datang. Adapun kegiatan sosialisasi tersebut diawali dengan sambutan bapak kepala SMAN 3 Borong, Konstantinus Everson Rada, S.Psi. Setelah sambutan yang berudrasi hampir sejam itu selesai, bapak Raimundus Katas, S.Pd, selaku ketua komite sekolah kemudian memandu kegiatan sosialisasi tersebut hingga selesai. Terdapat 4 agenda yang dibahas dalam kegiatan sosialisasi tersebut. Diskusi antara pihak komite sekolah dan orang tua murid selama kegiatan berjalan lancar. Adapun kesepakatan yang dicapai kedua belah pihak adalah sebagai berikut:

Sekolah Menengah Atas

IHT SMAN 3 Borong: Budaya Positif dan Pemanfaatan Aplikasi Canva ...

Sman3borong.sch.id- Kegiatan In House Training kembali diadakan di SMAN 3 Borong, Sabtu, 7/10. Berbeda dengan kegiatan IHT sebelumnya yang berlangsung lebih dari sehari, kali ini kegiatan tersebut berlangsung hanya sehari saja. Materi yang dibahas dalam kegiatan IHT hari ini adalah tentang ” Budaya Positif dan Pemanfaatan Aplikasi Canva dalam Pembelajaran. Bapak Damasus Hans Satu, S.Pd, Gr, dalam kapasitasnya sebagai fasilitator guru penggerak mengupas materi tentang budaya positif. Dalam paparan materinya, guru Matematika SMAN 3 Borong itu menjelaskan banyak hal tentang tentang budaya positif yang perlu dihadirkan di lingkungan sekolah lewat pembenahan fungsi kontrol guru dalam menanamkan kedisiplinan kepada peserta didik. Sementara itu, pembatik 2023, Ibu Yuliana S.L. Jingkang, S.Pd, Gr mengupas materi tentang Pemanfaatan Aplikasi Canva dalam Pembelajaran. Tentunya materi-materi yang dibawakan oleh kedua narasumber dalam kegiatan IHT hari ini berorientasi pada pada peningkatan kompetensi guru dalam mengajar dan mendidik peserta didik ke arah yang lebih baik kedepannya.

Sekolah Menengah Atas

Tampang Milenial, Kelakuan Kolonial

Banyak diantara kita yang membanggakan diri sebagai anak zaman tetapi melupakan fondasi kemanusiaan pada umumnya,

Sekolah Menengah Atas

Lembaga SMAN 3 Borong Berikan Beasiswa Prestasi kepada 22 Siswa

Sman3borong.sch.id- Pada umumnya terdapat dua jenis prestasi dalam sebuah lembaga pendidikan. Ada prestasi akademik dan non-akademik. Prestasi akademik tentunya berkaitan dengan raihan siswa dalam pembelajaran. Seperti menjadi juara kelas ataupun memenangkan sebuah kompetisi ilmiah tertentu. Sementara itu prestasi non-akademik merupakan prestasi yang diraih siswa diluar bidang akademik. Biasanya prestasi jenis ini seringkali diraih siswa lewat jalur ekstrakurikuler. Seperti dibidang olahraga, seni dan lain sebagainya. Sebagai lembaga pendidikan yang berkarakter, SMAN 3 Borong sadar bahwa memberi apresiasi kepada siswa berprestasi merupakan suatu keharusan. Karena rentetan prestasi akademik pun non-akademik yang diraih siswa dapat berpengaruh positif terhadap keberlangsungan dan reputasi lembaga pendidikan itu sendiri. Berangkat dari kesadaran itu, lembaga Civitas Akademika SMAN 3 Borong selalu mengapresiasi raihan akademik dan non-akademik siswanya dengan memberi beasiswa. Hari ini, Senin,25/9, berkenaan dengan apel upacara dan penyerahan piala kejuaraan Liga Pelajar Indonesia tingkat Kabupaten Manggarai Timur, SMAN 3 Borong mengumumkan beasiswa kepada 22 siswa yang telah berpartisipasi dalam mengharumkan nama lembaga pada gelaran LPI tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten Manggarai Timur. Untuk diketahui, terdapat 6 siswa SMAN 3 Borong yang ikut berkompetisi di LPI tingkat Kabupaten Manggarai Timur di Elar mewakili kecamatan Borong. Karenanya, bobot beasiswa yang mereka terima sedikit lebih besar dari 16 siswa lainnya. […]

Sekolah Menengah Atas

Mengenal Fatir Pagora, Pemain Terbaik LPI MATIM 2023 Asal Kecamatan ...

Sman3borong.sch.id- Fatir Pagora, seorang pelajar asal Manggarai Timur yang menuntut ilmu di MAN AL-HIDAYAH BORONG. Dia merupakan seorang atlet sepak bola yang telah memperkuat tim sekolahnya pada gelaran olahraga Liga Pelajar Indonesia pada tingkat kecamatan Borong. Meski gagal membawa tim sekolahnya menjadi juara kala itu, hal itu ternyata tidak menutup peluang bagi pelajar kelas XII ini untuk bermain ke level yang lebih tinggi, yakni membela Sequad kecamatan Borong untuk bermain di tingkat kabupaten Manggarai Timur. Saat bermain untuk kecamatan Borong FC pada gelaran Liga Pelajar Indonesia tingkat kabupaten Manggarai Timur yang mengambil tempat di Kecamatan Elar itu, performa Fatir rupanya mencapai puncak terbaiknya. Alhasil, kapten kecamatan Borong FC yang juga salah satu striker inti dari sebuah klub sepakbola ternama di Kota Borong, Aslonk FC itu didaulat sebagai pemain terbaik LPI MATIM 2023. Selain terpilih menjadi pemain terbaik, Fatir Pagora juga terpilih sebagai salah satu pemain yang akan mengikuti seleksi menjadi pemain Kabupaten Manggarai Timur untuk berlaga di level yang lebih tinggi yakni Soeratin Cup. Selain berhasil membawa tim kecamatan Borong ke final dan meraih posisi runner-up, terpilihnya Fatir Pagora sebagai pemain terbaik dan pemain kabupaten Manggarai Timur juga tentunya tidak terlepas dari aksi-aksi ciamiknya yang menarik dalam mengolah si kulit […]

Sekolah Menengah Atas

Likang Kaeng Kilo

kehidupan yang dibangun dengan nafas keagamaan mesti menunjukan nilai lebih dalam kehidupan.

Sekolah Menengah Atas

Hasil Semi Final LPI MATIM 2023: Borong FC dan Lale-Laut ...

Elar-Sman3borong.sch.id- Laga semi final LPI MATIM 2023 telah usai digelar. Empat kesebelasan telah menunjukkan aksi terbaiknya dalam mengolah si kulit bundar di lapangan. Dalam laga yang memperebutkan tiket 2 besar itu, kesebelasan Kecamatan Borong berhasil memetik kemenangan tipis 2:1 melawan kesebelasan Lambaleda Selatan. Sedangkan kesebelasan Lale-Laut FC memetik kemenangan menyakinkan atas lawannya Congkar FC dengan skor telak 3:0 tanpa balas. Dengan demikian, kesebelasan kecamatan Borong siap bertarung hidup mati melawan kesebelasan Lale-Laut FC dalam memperebutkan kampiun juara LPI tingkat Kabupaten Manggarai Timur 2023. Sementara itu, kesebelasan Lambaleda Selatan versus Congkar FC akan bertarung memperebutkan posisi ketiga dan keempat. Kedua partai final itu kabarnya akan terjadi pada Minggu 17/9.

Sekolah Menengah Atas

Hasil Quarter Final LPI MATIM 2023: Kota Komba Pulang Kampung, ...

Elar-Sman3borong.sch.id- Laga panas 8 besar LPI MATIM 2023 telah usai. Kesebelasan Kecamatan Borong bersama 3 kesebelasan lainnya memastikan diri untuk kembali bertanding pada laga semi final LPI MATIM 2023 setelah meraih kemenangan atas lawan-lawannya di partai 8 besar. Sementara itu, pil pahit terpaksa ditelan kesebelasan Kota Komba FC bersama 3 kesebelasan lainnya lantaran gagal meraih kemenangan pada pertandingan perebutan tiket 4 besar itu. Dengan kekalahan tersebut, Kota Komba FC bersama 3 tim lainnya harus segera meninggalkan Lapangan Paroki St Yohanes Pemandi Lengko Elar kecamatan Elar lantaran tidak tersedianya kesempatan bagi mereka untuk kembali bertanding di babak selanjutnya. Sementara itu, karpet merah menuju semi final hanya tersedia bagi 4 kesebelasan yang telah meraih kemenangan pada babak 8 besar. Adapun keempat kesebelasan itu adalah sebagai berikut: