Sabtu, 18 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Tiga Mahasiswa Unila Raih Juara 2 Lomba Esai Internasional Promosikan Pariwisata Indonesia Lewat Game Roblox

Tiga Mahasiswa Unila Raih Juara 2 Lomba Esai Internasional Promosikan Pariwisata Indonesia Lewat Game Roblox

(Unila): Tiga mahasiswa Universitas Lampung (Unila) berhasil meraih juara 2 International Economic Seminar and Competition (IESC) 2023 yang diselenggarakan HIMA-EP Universitas Islam Bandung (Unisba) secara online.

IESC yang dihelat 5 April hingga 11 Juni 2023 ini bertujuan mengajak mahasiswa ekonomi aktif di ASEAN untuk mengembangkan potensi diri sekaligus mengedukasi masyarakat terkait masalah ekonomi saat ini.

Tim Unila diwakili mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Program Studi Akuntansi angkatan 2021 yakni Bisma Putra Atalla, Meriana, dan Rosa Hilya Robiah.

Mereka mengusulkan ide inovatif untuk mempromosikan pariwisata Indonesia dengan menggunakan game Roblox yang sedang populer di kalangan masyarakat.

Roblox adalah sebuah platform game online yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan bermain game buatan sendiri atau orang lain.

Bisma dan tim memanfaatkan platform ini untuk membuat sebuah ruang permainan (room) yang menampilkan destinasi wisata Indonesia, pakaian adat, dan budaya lokal.

Ide esai mereka mengangkat tema Productive Economic Activities dengan judul “MRIIT Movement: Mobility of Roblox to Introduce Indonesia Tourism”.

Bisma mengatakan, ide esai ini terinspirasi dari hobinya bermain game. Ia melihat peluang besar dalam bidang pariwisata di Indonesia, yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian negara.

Ia berharap, dengan adanya game Roblox yang memperkenalkan pariwisata Indonesia, masyarakat akan lebih tertarik untuk mengunjungi dan mengenal keindahan negeri ini.

“Saya senang bisa berkontribusi untuk mempromosikan pariwisata Indonesia lewat game Roblox. Saya berharap ide kami bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk menciptakan inovasi-inovasi lain yang bermanfaat bagi bangsa,” ujar Bisma.

Bisma mengaku sempat mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide untuk esai yang berhasil memenangkan perlombaan. “Kami harus melakukan beberapa kali meeting untuk membahas gagasan ini,” kata Bisma.

Ia bersama timnya mengucapkan terima kasih kepada mentor dari UKM-F Economic’s English Club (EEC) FEB Unila dan Himpunan Mahasiswa Akuntansi Unila (Himakta) yang telah memberikan motivasi dan arahan.

“Kami berharap dapat terus berkembang dan meningkatkan kualitas, serta memotivasi rekan-rekan mahasiswa lainnya untuk berprestasi di bidang akademik maupun nonakademik,” ujarnya.*

[Reporter: Magang_Laula Khairun Nisa / Editor: Siti Nuryani]